Rano Karno Wujudkan Keinginan Aminah Cendrakasih Lewat Si Doel The Movie

Kompas.com - 14/08/2018, 09:08 WIB
KOMPAS.com - "Kapan Si Doel mulai lagi? Kapan Si Doel mulai lagi?" demikian ucapan Aminah Cendrakasih kepada Rano Karno
 
Pertanyaan Aminah rupanya menjadi beban pikiran untuk Rano. Aminah meminta Rano untuk membuat lanjutan cerita Si Doel.
 
Ya, Aminah adalah pemeran ibu dari karakter Si Doel, yang diperankan oleh Rano dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Aminah dikenal sebagai Lela alias Mak Nyak, istri dari mendiang Sabeni alias Babe (Benyamin Sueb).
 
"Memang agak mellow, drama. Memang ada permintaan dari Mak Nyak. Setiap saya datang, beliau selalu tanya 'Kapan Si Doel mulai?" kata Rano.
 
Permintaan Aminah kepada Rano bukan tanpa maksud. Aminah ingin menjadi bagian dari cerita lanjutan Si Doel sebelum ajal menjemputnya.
 
Aminah seperti menimbang bahwa usianya sudah tidak muda lagi. Ia saat ini berusia 80 tahun. Perempuan kelahiran Magelang, Jawa Tengah, 29 Januari 1938 itu menganggap fisiknya sudah tidak sehat seperti dulu.
 
Saat ini, tubuh Aminah hanya bisa terbaring di kasur. Matanya sudah tidak bisa melihat alias buta. Ia mengidap penyakit glaukoma sejak tujuh tahun lalu. 
 
Sejak itu, Rano mengambil keputusan. Ia mengumpulkan semua pihak terkait untuk membicarakan lanjutan cerita Si Doel. Mulai dari kru rumah produksi hingga para pemain. Kebeteluan pula Rano sudah lama ingin melanjutkan cerita Si Doel.
 
Namun, niat Rano tidak berjalan mulus. Dua pemain utama, Maudy Koesnaedi (Zaenab) dan Cornelia Agatha (Sarah) rupanya sedang sibuk dengan aktivitas masing-masing.
 
Satu tahun kemudian, Rano baru bisa mengeksekusi lanjutan Si Doel ke dalam format film, bukan sinetron ataupun film televisi seperti cerita-cerita sebelumnya.
 
Film itu berjudul Si Doel The Movie yang digarap dua rumah produksi Karnos Films dan Falcon Pictures. 
 
Saat akan memulai shooting, langkah awal yang diambil Rano adalah menyelamatkan adegan Mak Nyak. Adegannya sederhana.
 
Rano membuat adegan Mak Nyak melepas kepergian Doel ke Belanda. Doel berpamitan kepada Mak Nyak untuk menemui Sarah yang berada di Belanda.
 
"Saya shooting Si Doel The Movie bulan Oktober 2017 di rumah Mak Nyak (Aminah). Itu kamar Mak Nyak (Aminah) saya buat di depan rumahnya. Karena Mak Nyak (Aminah) enggak bisa dipindahi, jauh, karena sakit," kata Rano.
 
Tindakan Rano untuk melanjutkan cerita Si Doel dibayar lunas dan memuaskan oleh Aminah. Meski dalam kondisi sakit, Aminah tetap serius saat berakting. Aminah sangat lancar melafalkan dialog-dialog panjang.
 
"Saat shooting, beliau hafal semua dialog. Itu yang luar biasa dari seorang Mak Nyak," kata Rano.
 
Selain faktor Aminah, ada hal mendasar yang menjadi alasan Rano membuat lanjutan cerita. Rano menyebut ada yang 'bolong' dari kisah Si Doel.
 
Setelah cerita sinetron Si Doel Anak Sekolahan (1992-2004), sinetron Si Doel Anak Gedongan (2005-2007), dan film televisi Si Doel Anak Pinggiran (2011), kelanjutan kehidupan Doel tidak diketahui.
 
Ketika itu Doel telah menikah dengan Sarah, namun ditinggal pergi sang istri ke Belanda. Sarah kabur tanpa pamit lantaran tak suka Doel menolong Zaenab. Sementara Doel hanya bisa menunggu kepulangan Sarah, hingga akhirnya menikahi Zaenab.
 
"Jadi Si Doel The Movie adalah kelanjutan. Karena kisah itu enggak selesai-selesai. Banyak pertanyaan dari orang-orang bagaimana nasib Doel? Bagaimana nasib Sarah? Zaenab seperti apa? Itu menjadi bahan bagi kami, ternyata masih ada penonton," kata Rano.
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Rano Karno dan "Si Doel"
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.