Gara-gara Karnil Ilyas, Sujiwo Tejo Tak Lagi Dikenal Sebagai Dalang

Kompas.com - 14/08/2018, 11:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Artis peran dan budayawan Sujiwo Tejo mengungkapkan kesedihannya, karena ada seorang ibu tidak mengenalinya sebagai dalang.

Jiwo bercerita, ibu tersebut lebih mengenalinya sebagai seorang komentator politik lantaran sering menonton dirinya dalam program talkshow politik.

Hal itu diceritakan Sujiwo Tejo saat berkunjung ke redaksi Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Pal Merah Barat, Jakarta Pusat belum lama ini.

"Sebetulnya aku enggak suka (politik). Yang paling aku sedih, aku pernah mau mendalang bawa wayang. Aku di bandara mau ke Surabaya," kata Jiwo.

Baca juga: Sujiwo Tejo: Orang Nonton Film Horor karena Pengap dengan Politik

"Itu ada ibu-ibu, ibu itu pertanyaannya adalah dia itu taunya aku adalah komentator politik karena nonton ILC (Indonesian Lawyer Club)," tuturnya.

"Dia enggak tahu bahwa aku dalang. Dia tanya, 'lho Mbah Tejo suka wayang juga?' Terus aku bilang, kan aku iseng orangnya, 'iya bu', dia tanya 'sejak kapan?' 'Sejak minggu kemarin'," sambung bintang film Kamir itu.

Jiwo mengatakan bahwa sebenarnya dia  tidak memiliki ketertarikan dalam bidang politik.

"Tapi sedih juga ini gara-gara Karnil Ilyas ini, orang enggak tahu bahwa aku dalang. Ibu-ibu ini contohnya, tahunya aku suka komentari politik," ucap Jiwo.

"Jujur sakit. Tapi bukan sakit, apa ya, ya udah lah aku ketawain sendiri. Padahal passion ku enggak itu, passion ku di kesenian," tambahnya.

Baca juga: Sujiwo Tejo: Kalau Yakin dengan Kesenianmu, Kamu Tidak Akan Beralih

Jiwo mengaku, dia tak bisa menolak permintaan Karnil Ilyas atau jurnalis lainnya untuk diwawancara, karena pernah berada dalam bidang kejurnalistikan.

"Yang terjadi begini aku lagi konsen ngelukis, aku lagi konsen bikin buku, tapi kalau diminta Najwa datang, kadang diminta Karnil Ilyas isi acara. Kamu tahu aku delapan tahun jadi wartawan di Kompas," ujar Jiwo.

"Kayak ada solidaritas 'oke aku datang' gitu loh. Kayak gimana sih aku pernah ada di bidang itu. Aku hampir enggak pernah nolak wawancara. Secapek apapun. Aku ada di dalam lintasan perjalanan kamu juga," imbuhnya.

Baca juga: Main Film Horor, Sujiwo Tejo Merasa Terbantu dengan Wajah Seramnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.