Lomba Suara Anak Indonesia 2018 Bangkitkan Semangat Lagu-lagu Anak - Kompas.com

Lomba Suara Anak Indonesia 2018 Bangkitkan Semangat Lagu-lagu Anak

Kompas.com - 27/08/2018, 09:44 WIB
Yen Sinaringati, Elvi Hendrani dan pengamat musik Bens Leo dalam Konferensi Pers Lomba Lagu Anak Indonesia di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (23/8/2018).KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Yen Sinaringati, Elvi Hendrani dan pengamat musik Bens Leo dalam Konferensi Pers Lomba Lagu Anak Indonesia di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (23/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) menggelar Lomba Suara Anak Indonesia 2018.

Dalam lomba yang bertujuan untuk mengenalkan lagu-lagu yang sesuai usia anak-anak ini, KPPPA bekerja sama dengan label musik anak, Hana Midori.

Lomba digelar untuk memeringati Hari Anak Internasional 2018 yang jatuh pada 20 November mendatang.

"Saat ini, sulit menemukan anak-anak yang mengenal lagu sesuai usianya. Banyak anak menyanyikan lagu dewasa dengan lirik yang tidak mendidik," kata Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pendidikan, Kreativitas dan Budaya KPPPA, Elvi Hendarni saat jumpa pers Lomba Suara Anak Indonesia 2018, di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, belum lama ini.

"Mirisnya, banyak orangtua yang diam bahkan merasa bangga melihat anaknya mengikuti perkembangan zaman atau ikut menjadi trending topic di media sosial,"  lanjutnya.

Baca juga: Tumbangkan Seribu Peserta, Ini Pemenang Lomba Cipta Lagu Anak 2018 

Elvi menambahkan, lomba ini sebagai upaya pemerintah untuk tidak tinggal diam dalam menyikapi fenomena minimnya lagu-lagu anak-anak.

Melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak mendapatkan hiburan sekaligus pendidikan musik yang sesuai dengan usianya.

"Setiap anak memiliki periode tumbuh kembang yang berbeda dan harus dipenuhi, suguhilah anak dengan lagu yang sesuai untuk usianya," ujar Elvi.

Salah satu dewan juri lomba yang juga pemerhati musik Bens Leo mengatakan, lagu anak seringkali di nomor duakan dalam industri musik Indonesia.

"Semoga lomba ini akan melahirkan penyanyi dan lagu anak yang akan dikenal secara luas," kata Bens Leo.

Baca juga: Penuhi Permintaan Jokowi, Mira Lesmana Bikin Lomba Cipta Lagu Anak

Lomba Suara Anak Indonesia 2018 terdiri atas dua kategori, yaitu penyanyi anak dan cipta lagu anak. Pada lomba penyanyi anak, panitia akan mencari anak berbakat dengan untuk memperkenalkan lagu anak Indonesia. Lomba ini terbuka untuk anak usia 6-12 tahun. Nantinya

Peserta dapat mengunggah video di akun Instagram atau YouTube berdurasi maksimal dua menit dengan menyertakan tagar #lombasuaraanakindonesia2018, #musikhanamidori, #kemenpppa, dan #sekolahramahanak.

Peserta lomba dapat mengirimkan hasil rekaman dalam bentuk CD atau flash disk ke kantor musik Hana Midori di Jakarta ataupun lewat surat elektronik lombasuaraanakindonesia2018@gmail.com.

Rangkaian lomba dimulai sejak 23 Agustus dan diakhiri acara final pada 25 November yang akan menghadirkan 10 besar finalis dari dua kategori lomba.

Purwa Caraka, Dian HP, Ucie Nurul, Bens Leo dan perwakilan dari Kementrian PPPA akan menjadi juri pada acara puncak Lomba Suara Anak Indonesia 2018 akan digelar di Gedung Theater Garuda TMII, Jakarta Timur tersebut.

Baca juga: Gita Gutawa: Bikin Lagu Anak-anak Itu Menantang

 



Close Ads X