Tak Sensor Adegan Ciuman Bibir, Program Bollywood Platinum MNCTV Kena Tegur KPI

Kompas.com - 12/09/2018, 17:48 WIB
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Facebook/KPIKomisi Penyiaran Indonesia (KPI)

JAKARTA, KOMPAS.com -- Komisi Penyiaran Indonesia ( KPI) Pusat menjatuhkan sanksi administratif teguran tertulis kepada MNCTV, Senin (3/9/2018). Sebab, programnya yang bertajuk Bollywood Platinum menampilkan adegan pria dan wanita berciuman bibir.

Adegan tersebut ada dalam film berjudul Main Prem Ki Diwani Hoon yang ditayangkan MNCTV pada 27 Agustus 2018. 

"Adegan ciuman bibir dilarang dalam aturan P3 dan SPS KPI," kata Ketua KPI Pusat, Yuliandre Darwis, dalam laman kpi.go.id seperti dikutip Kompas.com, Rabu (12/9/2018).

Ia menjelaskan, jenis pelanggaran tersebut masuk dalam kategori pelanggaran atas ketentuan tentang penghormatan terhadap norma kesopanan dan kesusilaan, perlindungan anak-anak dan remaja, pelarangan adegan ciuman bibir, serta penggolongan program siaran. 

Baca juga: KPI Pusat Tegur Program Hitam Putih, Deddy Corbuzier Menanggapi

Karena tak melakukam sensor terhadap adegan tersebut, KPI menilai siaran Bollywood Platinum melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran KPI Tahun 2012 Pasal 9, Pasal 14, Pasal 16 dan Pasal 21 Ayat 1 serta Standar Program Siaran KPI Tahun 2012 Pasal 9 Ayat 2, Pasal 15 Ayat 1, Pasal 18 huruf g dan Pasal 37 Ayat 4 huruf f. 

"Berdasarkan pelanggaran tersebut, kami memutuskan memberikan sanksi administratif berupa teguran tertulis," kata Yuliandre. 

KPI Pusat mengharapkan teguran tertulis itu bisa menjadi bahan introspeksi pihak MNC TV, sehingga bisa melakukan perbaikan ke depannya dan pelanggaran itu tak terulang lagi.

Baca juga: Tampilkan Adegan Pengeroyokan, Katakan Putus Trans TV Ditegur KPI

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X