Tampilkan Adegan Pengeroyokan, Katakan Putus Trans TV Ditegur KPI

Kompas.com - 03/07/2018, 17:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melayangkan teguran tertulis yang kedua kepada program siaran "Katakan Putus" yang ditayangkan Trans TV.

Menurut KPI, acara reality show yang disiarkan pada 11 Juni 2018 dinyatakan melanggar aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) tahun 2012.

Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis mengatakan bahwa program "Katakan Putus" edisi 11 Juni 2018 menampilkan adegan sekelompok pria yang mengeroyok seorang pria. Selain menampilkan pengeroyokan, sekelompok pria itu juga merusak serta membakar sebuah gerobak.

Baca juga: Program Pagi Pagi Pasti Happy Dapat Teguran Kedua dari KPI

Adegan itu dinilai telah melanggar melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran KPI Tahun 2012 Pasal 14 dan Pasal 21 serta Standar Program Siaran KPI Tahun 2012 Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a.

"Jenis pelanggaran itu kami ketegorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan anak-anak dan remaja serta penggolongan program siaran,” kata Yuliandre dalam laman KPI yang dikutip Kompas.com, Selasa (3/7/2018).

Peringatan ini bukan yang pertama bagi program reality show ini. Katakan Putus juga pernah ditegur karena dianggap telah menampilkan kekerasan pada November 2017 lalu. Atas hal ini KPI juga memberikan peringatan tertulis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.