Merasakan Cinta Ainun kepada Habibie lewat Opera

Kompas.com - 16/09/2018, 07:07 WIB
Farman Purnama sebagai Habibie dan Andrea Miranda sebagai Ainun tampil dalam Opera Ainun, yang dipentaskan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Jumat (13/8/2018). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Farman Purnama sebagai Habibie dan Andrea Miranda sebagai Ainun tampil dalam Opera Ainun, yang dipentaskan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Jumat (13/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kisah cinta Presiden Ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie, dan Hasrie Ainun Habibie, kini hadir dalam bentuk opera berjudul Opera Ainun.

Ainun digambarkan sebagai sosok penuh cinta lewat dialog yang dilagukan sebagaimana dalam opera.

Dalam opera berdurasi 150 menit ini dikisahkan pertemuan Habibie dengan Ainun di Bandung, Jawa Barat, serta perjalanan cinta dan kehidupan mereka di Jerman dan, kemudian di Indonesia.

Baca juga: Opera Ainun Akan Dipentaskan di Eropa

Lewat opera ini, cerita cinta mereka terasa menyentuh.

Tata panggungnya mendukung untuk semakin menghidupkan karakter-karakter dan kisah opera ini.

Suara khas opera dari para pemain utamanya, yakni Farman Purnama sebagai Habibie dan Andrea Miranda sebagai Ainun, serta iringan musik dari orkestra milik Purwa Caraka, pun membuat para penonton terhanyut.

Baca juga: Film Kisah Cinta Habibie dan Ainun Akan Dibuat Lima Seri

Meski tak banyak berbeda dari kisah dalam buku maupun filmnya, skenario opera ini, yang ditulis oleh Titien Wattimena, tetap memiliki warnanya sendiri.

Tulisan Titien itu membuat opera ini memiliki cita rasa tinggi dengan pemilihan kata-kata yang dilantunkan oleh para pemerannya.

Baca juga: Chelsea Islan Berikan Kue Ulang Tahun untuk BJ Habibie

Untuk berperan sebagai Habibie, Farman mengaku melakukan riset selama dua tahun agar mampu masuk ke dalam karakter itu.

"Dalam dua tahun, ketemu sama Eyang (Habibie) cukup intens. Terus, dari pertemuan itu, saya koleksi ceritanya, terus kebiasaannya. Itu yang saya aplikasikan di aktingnya," papar Farman dalam jumpa pers di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Jumat (13/8/2018).

Sementara itu, dari riset yang dilakukannya, Andrea, pemeran Ainun, tak mendapat banyak masukan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X