Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep Unik Pernikahan Anak Mat Solar

Kompas.com - 21/10/2018, 18:44 WIB
Andika Aditia,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis komedi Nasrullah atau yang akrab disapa Mat Solar menggelar pernikahan putra sulungnya, Idham Aulia, di Hotel Hotel Grand Sahid Jaya, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Minggu (21/10/2018).

Konsep pernikahan Idham dengan Aliansi Kinanti itu cukup unik. Mengusung adat pernikahan Betawi yang dipadukan dengan nuansa kekinian.

Menurut Idham, konsep pernikahan tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap budaya yang membesarkannya serta orangtuanya.

"(Konsep) Betawi modern, kalau dulu ayah nikah Betawinya masih zaman dulu. Betawi jadul," ucap Idham saat ditemui di lokasi pernikahan.

"Bedanya dulu di kampung sekarang di hotel," sahut Mat Solar yang berada di samping anaknya.

Dekorasi pernikahan putra pertama Mat Solar, Idham Aulia, di Hotel Grand Sahid Jaya, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Minggu (21/10/2018).KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA Dekorasi pernikahan putra pertama Mat Solar, Idham Aulia, di Hotel Grand Sahid Jaya, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Minggu (21/10/2018).
Mat Solar mengatakan bahwa meskipun cukup meriah, masih ada satu tradisi yang tidak bisa dilakukan di pernikahan anaknya tersebut.

"Sayang enggak ada petasan aja. Kalau petasan nanti (bikin orang) marah mau pasang petasan di hotel," ucap Mat Solar.

Salah satu hal yang unik dalam pernikahan ini adalah kehadiran bajaj bertuliskan 'Bajaj Bajuri' dan sepasang ondel-ondel di lobi hotel tempat pernikahan berlangsung.

"Itu (bajaj dan ondel-ondel) mengingatkan kita saja sama yang dulu membesarkan keluarga, ayah, ya terus kemudian bajaj juga identik (dengan) Jakarta, Jakarta identik Betawi. Ada ondel-ondel ada bajaj juga. Gabungkanlah semuanya," ungkap Idham.

Pernikahan itu digelar pada pukul 14:00 WIB dengan diawali prosesi akad. Selanjutnya resepsi dilaksanakan pada pukul 19:00 WIB.

Idham memberikan seperangkat alat salat dan emas seberat 49 gram sebagai mas kawin.

"Mas kawin pemilihan 49 gram, (karena sekarang) tanggal 21 bulan 10 (tahun) 2018, jadi 21+10+2018 jadi 49," imbuh Idham.

Baca juga: Meski Belum Pulih, Mat Solar Bahagia Bisa Menikahkan Anaknya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com