Suga BTS Bela Penggemar K-pop yang Sering Dipandang Remeh

Kompas.com - 22/10/2018, 12:10 WIB

KOMPAS.com - Boyband Bangtan Boys atau BTS mengapresiasi penggemar mereka dan para penggemar K-pop secara umum. Suga, salah satu member BTS mengemukakan fakta bahwa para penggemar boyband atau girlband sering diremehkan oleh orang lain. Namun, Suga membela mereka.

“Mereka sering diremehkan karena menjadi penggemar idola. Tapi mereka benar-benar orang yang luar biasa. Jujur, tidak mudah melakukan hal-hal seperti itu hanya karena kita menggemari seseorang," kata Suga.

Pernyataan Suga itu disampaikan dalam video di balik layar persiapan pembuatan pidato bersejarah BTS saat menghadiri Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-73 pada bulan lalu.

Baca juga: BTS Didapuk untuk Promosikan Pariwisata Seoul

Suga menyebutkan, terkadang penggemar K-pop atau grup idola harus menghadapi berbagai prasangka buruk. Padahal menurut Suga, selama ini penggemarlah yang punya andil besar atas kesuksesan si idola.

Ketika mendiskusikan ide untuk apa yang akan mereka sampaikan dalam pidato mereka, Suga mengaku sangat terkesan dengan penggemar mereka yang telah membantu kampanye "Love Myself" untuk mengumpulkan lebih dari 1 juta dollar.

Kampamye "Love Myself" pada 2017 merupakan kerja sama dengan UNICEF yang bertujuan untuk mengakhiri kekerasan terhadap anak-anak dan pemuda di seluruh dunia.

Dia mengatakan pula bahwa BTS hanya punya sedikit andil, penggemar merekalah yang menciptakan perubahan positif dalam masyarakat.

Baca juga: RM BTS Akan Rilis Mixtape Ke-2 pada 23 Oktober

“Jujur, kami selalu melakukan dan berbicara tentang berbagai hal, tetapi itu tidak banyak membantu orang. Saya rasa tindakan kami saja tak cukup membantu orang lain. Yang sangat menakjubkan adalah kenyataan bahwa orang-orang yang menggemari dan mendukung kami lah yang punya andil," ujar Suga.

"(Penggemar kami) adalah orang-orang yang membentuk ketujuh dari kami sebagai juru bicara dan membawa kami ke PBB. Kami hanya berbicara atas nama mereka," timpal RM setuju.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber soompi.com

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.