Saweran Persaudaraan untuk Korban Palu dan Donggala Gandeng Aksi Cepat Tanggap

Kompas.com - 02/11/2018, 14:50 WIB
Poster Saweran Persaudaraan: Berbagi untuk Palu dan Donggala SAWUNG SANGKARIMANGPoster Saweran Persaudaraan: Berbagi untuk Palu dan Donggala

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara penggalangan dana lewat pertunjukan musik Saweran Persaudaraan untuk Korban Palu & Donggala, menggandeng organisasi Aksi Cepat Tanggap (ACT). 

ACT merupakan organisasi kemanusiaan berbasis kedermawanan dan kerelawanan masyarakat.

Saweran Persaudaraan itu bakal berlangsung di Twinhouse Cipete, Jakarta Selatan, Minggu (4/11/2018) mulai pukul 14.30 WIB.

Baca juga: Iwa K hingga Stevie Item Gelar Saweran Persaudaraan untuk Korban Tsunami Palu dan Donggala

"Sebenarnya kami sudah beberapa kali bikin Saweran Persaudaraan untuk korban kebakaran atau anak jalanan. Tapi 2014 berhenti. Kami ada musisi dan non-musisi, kebetulan satu frekuensi gitu dan pengin berbuat sesuatu," ujar perwakilan penyelenggara, Yudhis Dwikowarna, kepada Kompas.com via telepon, Kamis (1/11/2018).

Baca juga: Donghae SuJu Ultah, Penggemar Korea Donasikan Rp 15 Juta untuk Korban Tsunami Donggala-Palu

"Sekarang konsepnya agak berbeda. Kami bikin di Jakarta Selatan, katakanlah di tempat representatif gitu buat artis-artisnya dan kami berkerja sama dengan ACT, Aksi Cepat Tanggap," imbuhnya.

Sejumlah musikus Tanah Air yang bakal tampil adlaah Iwa K dan Stevie Item, Stars and Rabbit, Tuan Tiga Belas, Bonita & Adoy, Bedjana, Didit Saad, dan Tatlo.

Poster Saweran Persaudaraan: Berbagi untuk Palu dan DonggalaSAWUNG SANGKARIMANG Poster Saweran Persaudaraan: Berbagi untuk Palu dan Donggala

Pihak ACT, menurut Yudhis, sudah membuatkan virtual account di BNI Syahriah untuk penggalangan dana tersebut. Sehingga tak cuma donasi on the spot, tetapi juga calon donatur sudah bisa menyumbang beberapa hari sebelumnya melalui rekening Aksi Cepat Tanggap (ACT): BNI Syariah dengan Nomor Rekening 8660 2910 1810 008.

"Kami berharap bisa lebih besar penggalangan dana yang kami hasilkan. Karena ada ACT dan nomor rekening yang ditampilkan. Dari rekening virtual ACT, baru terkumpul Rp 7 juta dalam dua hari," kata Yudhis.

"Hari minggu nanti, konsepnya kami langsung aja on the spot kayak orang ngamen. Saweran makanya namanya," tambahnya.

George Taka

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.