Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandhy Sondoro Beberkan Tantangan Bermusik Penyanyi Pendatang Baru

Kompas.com - 03/11/2018, 11:19 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Sandhy Sondoro menyebutkan bahwa tantangan bagi para penyanyi pendatang baru adalah menemukan musik yang tepat.

Hal itu dikatakan Sandhy saat ditemui usai menjadi juri dalam acara JOOX Karaoke Superstar, di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (31/10/2018).

"Tantangannya yang pertama adalah musik yang cocok buat dia, dia harus punya hit. Walau suaranya bagus, yang dibutuhkan adalah lagu yang tepat, yang hit," kata Sandhy.

Tak hanya itu, Sandhy juga melanjutkan, seorang penyanyi harus memiliki aksi panggung yang baik. Menurut personel Trio Lestari itu, bukan hal mudah bagi penyanyi untuk bisa tetap diundang mengisi acara-acara off air atau on air.

Baca juga: Sandhy Sondoro Ikut Ajang Pencarian Bakat di Jerman setelah 10 Tahun Bermusik

"Diperlukan juga off air performance, dia harus sesuai dengan audio visualnya. Tiba-tiba dilempar suruh manggung jelek, satu kali, dua kali orang enggak mau lihat lagi," lanjutnya.

"Musik enggak main-main, orang banyak yang mikir 'ah enak kerja lu di musik'. Ini bukan main-main. Kita main di TV misalnya, suara kita fals, sekali dua kali enggak dipake lagi," ujar Sandhy.

Sandhy menambahkan, selain mengandalkan suara, seorang penyanyi juga harus mempelajari eleman-eleman lain dalam bermusik.

"Dan untuk mempertahankan kualitas di musik itu, untuk eksis itu kan bukan suara aja yang diperluin. Harus tahu manajemen, musik bisnis, dan lain-lainnya," tambah Sandhy.

Baca juga: Sandhy Sondoro Sabet Penghargaan di Anugerah Musik di Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com