Agensi Lee Jong Suk Akan Ambil Langkah Hukum terkait Masalah di Indonesia

Kompas.com - 06/11/2018, 08:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Agensi yang menaungi aktor Lee Jong Suk, A-Man Project, berniat mengambil tindakan hukum terhadap masalah yang Jong Suk alami di Jakarta. Hal itu mereka sampaikan melalui akun Instagram @amanproject2018.

Lee Jong Suk sebelumnya dideportasi ke negara asalnya, Korea Selatan, pada Senin (5/11/2018) malam.

Jong Suk yang menggelar temu penggemar di Jakarta pada Sabtu (3/11/2018), seharusnya pulang pada Minggu (4/11/2018). Namun, paspornya disita karena ada masalah keimigrasian.

"Untuk agensi atau promotor lokal yang menyebabkan insiden ini, kami berencana untuk membuat respons hukum yang tegas melalui Yulchon (firma hukum) dan kami akan melanjutkan melalui langkah-langkah hukum tertentu di masa depan," tulis A-Man Project seperti dikutip Kompas.com, Selasa (6/11/2018).

"Kami hanya memiliki kasih sayang dan dorongan dari penggemar lokal kami," tambahnya.

Agensi itu merasa penjelasan tentang persoalan tersebut terus berubah-ubah. Awalnya, A-Man Project mendapat informasi bahwa ada masalah kepemilikan paspor.

Namun, beberapa jam kemudian, promotor disebut tidak membayar pajak, sehingga mereka ditahan di otoritas perpajakan Indonesia.

"Selama proses itu, paspor aktor (Jong Suk) dan stafnya disita. Kemudian media lokal memberitakan bahwa Yes24 tidak mengajukan (visa) izin kerja jangka pendek, sehingga mengakibatkan masalah visa," tulis A-Man Project.

"Penyebab situasi ini masih diselidiki oleh perusahaan kami sekarang. Saya tidak yakin penjelasan dan alasan apa yang akan keluar di masa depan," tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Teodorus Simarmata, menjelaskan bahwa Lee Jong Suk dinilai telah melakukan pelanggaran perizinan keimigrasian karena menggunakan visa on arrival (kunjungan).

Sementara Jong Suk bertandang ke Indonesia untuk melakukan temu penggemar dan mendapatkan honor dari acara tersebut.

"Jadi yang bersangkutan masuk ke Indonesia dengan menggunakan visa on arrival. Tapi melakukan kegiatan show bussines, fan meeting di Kota Kasablanka," kata Teodorus.

"Jadi, oleh imigrasi Jakarta Selatan diperiksa dan dinyatakan terbukti melakukan pelanggaran perizinan keimigrasian dan dideportasi malam ini (Senin malam)," tambahnya.

Baca juga: Agensi Sebut Lee Jong Suk Tertahan karena Promotor Fan Meeting di Indonesia Bermasalah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.