Atiqah Hasiholan Upayakan Penahanan Kota untuk Ratna Sarumpaet

Kompas.com - 06/11/2018, 16:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Atiqah Hasiholan berupaya untuk mengalihkan status penahanan ibunya, Ratna Sarumpaet, dari tahanan rutan menjadi tahanan kota.

Hal itu dikatakan Atiqah saat ditemui bersama kuasa hukum Ratna, Insang Nasrudin di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (6/11/2018).

"Ya itu dia, kami juga tadi ngebahas sama abang-abang ini, karena kami masih mengupayakan penahanan kota," kata Atiqah.

Baca juga: Atiqah Hasiholan Sebut Ratna Sarumpaet Sudah Setahun Berobat ke Psikiater

Insang yang bersama Atiqah ikut menjelaskan mengapa Ratna patut mendapat pengalihan status tahanan, dari yang semula di rutan menjadi tahanan rumah. 

"Pengalihan, iya artinya begini, bahwa, berdasarkan KUHP, penahanan itu ada tiga jenis, yang pertama di rutan, kemudian yang kedua di rumah, yang ketiga di kota, kami tidak meminta dalam kapasitas dihilangkan status penahanannya, tidak," ucap Insang menambahkan.

"Kami hanya meminta agar digeser dari penahanan rutan menjadi penahanan rumah atau kota, itu saja yang kami mohonkan," tambahnya.

Menurut Atiqah, ibunya perlu keluar dari rumah tahanan untuk memulihkan kondisi kesehatannya.

"Tapi gimana pun juga berada di tahanan, di luar itu pasti akan secara mental, secara fisik mudah buat ibu saya recover," tutur Atiqah

"Sehingga nanti di pengadilan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu lebih baik," tambahnya.

Baca juga: Atiqah Hasiholan Ungkap Kondisi Kesehatan Ratna Sarumpaet

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.