Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konflik Jerinx SID dan Via Vallen soal "Sunset di Tanah Anarki

Kompas.com - 13/11/2018, 09:47 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir pekan kemarin, media sosial diramaikan dengan sentilan drummer band Superman Is Dead, Jerinx, kepada penyanyi dangdut Via Vallen yang kerap membawakan lagu SID, "Sunset di Tanah Anarki".

Jerinx menganggap Via Vallen tidak memahami betul isi dari lagu SDTA, dan menuding Via meraup keuntungan dari lagu tersebut.

1. Via Vallen tak minta izin

Awalnya Jerinx menegur Via karena tidak pernah meminta izin untuk membawakan lagu SID bertajuk "Sunset di Tanah Anarki" (SDTA).

Hal itu dikatakan Jerinx dalam akun Twitternya, @JRX_SID yang dikutip Kompas.com, Minggu (11/11/2018).

"Ngefans tapi sama sekali ga pernah minta ijin bawain lagu SID. Dan lagu ini pesannya besar," kata Jerinx.

Menurut Jerinx, lagu SDTA mempunyai peran penting dari kesuksesan yang diraih Via selama ini. Namun, dia menilai Via justru sudah merendahkan lagu itu.

"Vallen paham gak apa yg ia nyanyikan? Ini bukan ttg nominal. She's DEGRADING the meaning of the song," sambung Jerinx.

"Tanpa Sunset di Tanah Anarki, Vallen ga akan ada di posisinya saat ini," ujarnya.

Baca juga: Jerinx SID: Via Vallen Jangan Cuma Perkaya Diri dan Keluarga

Baca juga: Jerinx SID: Via Vallen Tak Minta Izin Bawakan Sunset di Tanah Anarki

2. Alasan Jerinx Tegur Via Vallen

Melalui akun Instagram-nya, @jrxsid, Jerinx menjelaskan alasannya baru menegur Via yang telah meng-cover lagu "SDTA" sejak 2013 lalu.

"Mungkin banyak pertanyaan. Kenapa baru sekarang saya sentil VV? Simpel. Karena album SID yg baru saja rilis ini penuh akan lagu potensial yg sangat mungkin dijadikan versi dangdut/koplo ," ucap Jerinx dalan unggahan Instagramnya.

"Dan jika kami diamkan, bisa jadi VV, atau penyanyi semacam dia akan melakukannya lagi; memperkaya diri memakai karya orang lain sekaligus membunuh ruh dari karya tersebut," sambungnya.

Jerinx juga berpendapat, Via tidak berkontribusi apapun untuk alam Indonesia, seperti yang terkandung dalam lagu "Sunset di Tanah Anarki".

Menurut Jerinx, dengan kesuksesan yang telah diraih Via, pelantun tembang "Sayang" itu bisa mengimbau para penggemarnya untuk melakukan gerakan-gerakan yang tersurat dalam lagu tersebut.

"Setelah sukses, apa yg kamu bisa lakukan utk mengapresiasi karya yg membawamu ke tempat yg lebih baik? Dengan followers berjuta, minimal berkontribusilah utk gerakan melawan lupa, atau pelurusan sejarah 65, perjuangan Kendeng, dll, ada banyak sekali hal yg bisa VV lakukan tanpa harus keluar duit," sambungnya.

Jerinx mengatakan, lagu yang diciptakannya itu memiliki arti yang lebih dalam. Dia merasa Via merendahkan isi dari lagu itu demi popularitas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com