Mengajar di Universitas, Reza Rahadian Tak Mau Disebut Dosen

Kompas.com - 14/11/2018, 18:18 WIB
Artis peran Reza Rahadian saat ditemui di sela latihan teater Bunga Penutup Abad di Nyi Ageng Serang, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/11/2018). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Artis peran Reza Rahadian saat ditemui di sela latihan teater Bunga Penutup Abad di Nyi Ageng Serang, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Reza Rahadian berkesempatan menjadi pengajar di Universitas Indonesia untuk mengisi program vokasi selama satu semester.

Vokasi adalah program pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global.

Menjadi pengajar merupakan pengalaman tersendiri bagi pemain My Stupid Boss tersebut.

"Berhadapan dengan mahasiswa yang membedakan adalah proses bagaimana hubungan antara pengajar dan mahasiswa dibangun, seperti apa tentu berbeda. Tapi menyenangkan bisa bertemu dengan anak-anak yang punya pemikiran kreatif," ujar Reza saat ditemui di sela latihan teater "Bunga Penutup Abad" di Nyi Ageng Serang, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/11/2018).

Baca juga: Ehm, Reza Rahadian Mengajar di Vokasi UI, Ngajar Apa?

Reza pun teringat bagaimana saat ia pertama kali menginjakkan kakinya ke dalam kelas dan bertemu dengan mahasiswa.

"Waktu pertama kali ngajar. Saya masuk kelas, semuanya kayak kasak-kusuk sendiri gitu lah, ada yang kaget, bingung, macam-macam reaksinya. Tapi setelah sudah dijalani prosesnya, kangen kalau saya belum ke kampus. Kangen sama mahasiswanya," kata Reza lagi.

Setelah beberapa kali mengajar, Reza mengatakan bahwa materi yang ia berikan adalah pengalamannya sebagai aktor.

"Kalau untuk ngajar, materi itu sebenarnya sudah disiapkan oleh kampus. Jadi guidline-nya sudah ada. Karena saya seorang praktisi, bukan akademisi maka yang mereka butuhkan adalah pengalaman langsung di lapangan," ungkapnya.

Meski mengajar selama satu semester, namun Reza tak mau disebut dosen.

"Sampai sekarang saya bukan dosen, saya hanya mengajar aja. Kebetulan dikasih kesempatan berbagi pengalaman saya selama di insdustri ini, kemudian pengetahuan yang saya sudah dapat lebih dulu yang saya share kepada anak-anak," paparnya.

Reza Rahadian didapuk untuk menjadi pengajar untuk program vokasi di Universitas Indonesia. Reza mengajar satu minggu sekali dengan membeberkan pengalamannya sebagai aktor.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X