Dalam Sandekala, Risa Saraswati Kenalkan Sosok Sukma yang Menakutkan

Kompas.com - 15/11/2018, 19:03 WIB
Risa Saraswati KOMPAS.com/RENI SUSANTIRisa Saraswati

BANDUNG, KOMPAS.com – Penulis dan musisi Risa Saraswati akan meluncurkan sebuah album dan buku berjudul Sandekala, Sabtu (16/11/2018).

Dalam buku tersebut, Risa memperkenalkan sesosok hantu kolongwewe bernama Sukma. Baginya, Sukma sangat menakutkan dan menyiksa dirinya.

“Badannya 2 meteran, payudaranya panjang hingga ke tanah. Sekujur tubuhnya luka bernanah, dan dia kerap menggaruk seluruh tubuhnya sat berhadapan dengan saya, dan itu menular pada saya,” ujar Risa di Bandung, Kamis (15/11/2018).

“Bayangkan saja seluruh tubuhku menjadi sangat gatal tanpa sebab, lalu muncul bintik-bintik kecil yang mengeluarkan nanah dan darah,” ungkap Risa.

Baca juga: Risa Saraswati Luncurkan Album Sandekala yang Berisi Lagu tentang Teman Hantunya

Ia kemudian pergi ke 5 dokter spesialis. Ada yang bilang Risa terkena kuman dan alergi. Namun hasil pemeriksaan darah, Risa negatif alergi.

“Rupanya itu disebabkan makhluk yang sering datang untuk mencoba berkomunikasi denganku,” tutur Risa.

Risa mengaku sulit untuk berkomunikasi dengan Sukma. Ia butuh waktu tujuh bulan untuk berkomunikasi dengannya.

Bahkan saat Sukma datang, sahabat hantu kecilnya Risa mundur, tak berani mendekat. Hingga tak ada satu pun yang datang mengunjungi kamarnya seperti malam-malam biasanya.

“Ini buku paling lama yang saya buat, sekitar 7-8 bulan. Saya takut. Apalagi sejak kecil, orangtua saya selalu melarang keluar rumah saat Maghrib atau senja,” ucapnya.

Sebab saat senja, hantu yang punya energi lebih besar dari waktu harinya dalam satu hari bermunculan, seperti kolongwewe.

Baca juga: Risa Saraswati Diajak Peter Cs Main Petak Umpet di Mal

Awal pertemuan

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X