Nadine Chandrawinata Berbagi Tips Traveling

Kompas.com - 18/11/2018, 18:32 WIB
Nadine Chandrawinata berpose saat menghadiri sebuah acara di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Minggu (18/11/2018). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanNadine Chandrawinata berpose saat menghadiri sebuah acara di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Minggu (18/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Nadine Chandrawinata (34) punya tips kepada orang-orang yang mau melakukan traveling atau perjalanan ke daerah pelosok.

Kuncinya, kata Nadine, seorang traveler harus bisa berbaur dengan masyarakat setempat.

"Tipsnya adalah bisa berbaur dengan orang lokal," kata Nadine dalam sebuah acara di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Minggu (18/11/2018).

Nadine berpendapat berbaur dengan masyarakat setempat adalah cara yang lebih efektif. Bagaimana seorang traveler harus berusaha mengenal kebudayaan dan kehidupan masyarakat setempat.

"Kita harus berbaur dengan orang lokal. Apa yang bisa kita lihat dan nikmati. Jadi salah satu solusi adalah berbaur dengan orang lokal, ngobrol, ngopi, solusi dapat kok," kata Nadine.

Meski demikian, Nadine tidak memungkiri bahwa bakal para traveler kadang menghadapi kendala bahasa di sebuah daerah.

"Kalau bahasa pasti. Apalagi di pedalaman ya, mereka enggak bisa bahasa Indonesia. Kalau kesulitan pasti ada, kita datang ke sana dan enggak kenal daerah itu. Tapi, jangan dijadikan beban kita juga," kata dia.

Baca juga: Nadine Chandrawinata Percaya Kekuatan Olahraga

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X