Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Novel Silam, Karya Kolaborasi Risa Saraswati dan Manoj Punjabi

Kompas.com - 08/12/2018, 12:00 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penulis Risa Saraswati mengatakan bahwa novel "Silam", yang kini diangkat ke layar lebar dengan judul sama merupakan sebuah karya kolaborasinya dengan produser rumah produksi MD Pictures Manoj Punjabi.

"Novel ini udah rilis tahun 2017 sih. Ini baru. Memang bikin novel ini aku sama Pak Manoj kayak brainwash gitu," kata Risa saat ditemui usai jumpa pers dan screening film Silam di CGV Grand Indonesia, Thamrin Jakarta Pusat, Selasa (4/12/2018).

Risa dan Manoj ingin menyuguhkan cerita horor yang berbeda dari semesta Danur. Meski diambil dari pengalaman mistis Risa sehari-hari. Silam merupakan sebuah karya fiksi.

Baca juga: Nova Eliza Jadi Ibu Depresi dalam Film Silam

"Kami bikin sesuatu di luar Danur, bikin sesuatu yang, enggak apa-apa deh fiksi tapi horor gitu, yang banyak pesannya makanya kami bikin Silam," jelas Risa.

"Bukunya sih benar-benar fiksi sih cuma cerita horornya saya angkat dari cerita sehari-hari, cuma kami masukin  ke dalam satu cerita yang ada tokoh utamannya, maka jadilah Silam," lanjutnya.

Film Silam bercerita tentang seorang anak berusia 10 tahun bernama Baskara (diperankan Zidane Khalid) yang menjadi pelampiasan ibunya yang depresi setelah ayah Baskara meninggal dunia.

Hingga suatu hari, ketika Baskara kabur dari rumah, dia mengalami suatu peristiwa yang membuatnya bisa melihat banyak mahluk gaib.

Risa menambahkan, pemilihan anak-anak sebagai tokoh utama berasal dari idenya sendiri.

"Angkat anak-anak idenya dari aku sih," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com