21 Desember 1937, Disney Rilis Film Animasi Panjang Pertama di Dunia

Kompas.com - 21/12/2018, 11:38 WIB
Putri Salju dan Tujuh Kurcaci BritannicaPutri Salju dan Tujuh Kurcaci

KOMPAS.com - Kolaborasi antara kakak beradik Walt Disney dan Roy Oliver Disney menghasilkan beberapa karakter kartun yang sampai sekarang dikenal banyak orang.

Melalui perusahaan yang mereka dirikan, The Walt Disney Company, kakak-adik ini menyajikan film animasi yang dicintai penggemarnya. Berawal dari karakter Julius The Cat, Disney kemudian melahirkan banyak karakter lain yang terbilang ikonik.

Hari ini 81 Tahun yang lalu, tepatnya pada 21 Desember 1937, Disney merilis film animasi dengan judul Snow White and the Seven Dwarfs. Film animasi ini dirilis perdana di sebuah bioskop di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Sejarah mencatat Snow White and the Seven Dwarfs sebagai film animasi panjang pertama di dunia dengan durasi sekitar 83 menit. Film animasi ini juga merupakan salah satu film terbesar Disney pada masa itu.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: The Walt Disney Company Berdiri..

Ditunggu

Dilansir dari Britannica, sejak Disney memperkenalkan karakter seperti Mickey Mouse dan Donald Duck, banyak masyarakat menunggu karakter apalagi yang akan dilahirkan oleh Disney.

Kemudian, muncul sebuah ide dari Disney untuk memproduksi film animasi berdurasi panjang pertama dari sebuah studio di Amerika Serikat. Disney bertekad membawa legenda Snow White ke layar animasi setelah melihat dongeng terkenal itu pada 1916.

Kisah Snow White ini sebelumnya sudah diperkenalkan oleh salah satu penghasil dongeng terbesar dunia, The Brothers Grimm yang dipublikasi pertama pada 1812.

Sebagai wujud keseriusan dalam membuat film animasi ini, Disney menggelontorkan dana sebesar 250.000 dollar dan memulai produksinya pada 1932.

Disney menambahkan beberapa soundtrack lagu dalam film ini. Lagu-lagu seperti "Whistle While You Work", "Heigh-Ho", dan "Someday My Prince Will Come" masih memikat generasi milenial saat ini.

Snow White and Seven Dwarfs pun memiliki album soundtrack pertama yang dirilis secara komersial.

Baca juga: Julius The Cat, Karakter Kartun Pertama Besutan Walt Disney Company

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.