2018, Film-film Box Office Marvel Hasilkan Rp 58 Triliun untuk Disney

Kompas.com - 03/01/2019, 12:09 WIB
Baru-baru ini, akun resmi Marvel Studios mengirimkan 9 buah gambar yang disinyalir merupakan cuplikan film ketiga dari kelompok superhero Avengers dalam Avengers: Infinity War. MARVEL STUDIOSBaru-baru ini, akun resmi Marvel Studios mengirimkan 9 buah gambar yang disinyalir merupakan cuplikan film ketiga dari kelompok superhero Avengers dalam Avengers: Infinity War.

KOMPAS.com -- Pada 2009, Disney membayar 4 miliar dolar AS atau Rp 57,8 triliun untuk mengakuisisi Marvel. Kurang dari 10 tahun kemudian, pada 2018, film-film Marvel menyumbang lebih dari setengah total box office Disney senilai 7,3 miliar dolar AS atau Rp 105,6 triliun.

Dalam penghitungan box office Disney akhir tahun lalu, ada tiga film yang menyumbang lebih dari 4 miliar dolar AS dalam penjualan tiket global.

Mereka adalah film Avengers: Infinity War dan Black Panther yang masing-masing memperoleh keuntungan 2,05 miliar dolar AS atau Rp 29,6 triliun dan 1,35 miliar dolar AS atau Rp 19,5 triliun.

Sementara perolehan box office global untuk film Ant-Man senilai 623 juta atau Rp 9 triliun. Artinya, Marvel menghasilkan Rp 58 triliun untuk Disney pada 2018.

Baca juga: Marvel Janji Kembangkan Para Superhero yang Dimiliki Fox pada Tahun Depan

Selain Marvel, Pixar juga menyumbang bagian besar lainnya untuk Disney. Incredibles 2 menghasilkan 1,24 miliar dolar AS atau Rp 17,9 triliun di seluruh dunia.

Ada beberapa kesalahan besar untuk Disney pada 2018. Adaptasi A Wrinkle in Time yang paling banyak ditunggu-tunggu, hanya memperoleh pendapatan global senilai 133 juta atau Rp 1,9 triliun dolar AS tahun lalu.

Selain itum Solo: A Star Wars Story juga menandai titik rendah untuk seri tersebut. Box office globalnya cuma sebesar 394 juta dolar AS atau Rp 5,7 triliun, lebih rendah daripada film-film Star Wars non-animasi lainnya hingga saat ini.

Baca juga: 21 Desember 1937, Disney Rilis Film Animasi Panjang Pertama di Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.