Dari Pertunjukan Teater, Horas Amang Akan Diangkat ke Layar Lebar

Kompas.com - 31/01/2019, 16:58 WIB
Sutradara, produser, dan para pemain film Horas Amang berfoto dalam jumpa pers film Horas Amang di Wasita Graha Gatra, Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (31/1/2019). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Sutradara, produser, dan para pemain film Horas Amang berfoto dalam jumpa pers film Horas Amang di Wasita Graha Gatra, Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (31/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com -- Cerita Horas Amang, yang pertunjukan teaternya digelar pada 2016 dan dinilai sukses, akan diangkat ke layar lebar.

Film itu masih akan berkisah tentang seorang ayah, yang dalam budaya Batak disebut amang, yang merasa sedih karena ketiga anaknya tak lagi mengenal budaya Batak.

Baca juga: Cok Simbara Tolak Tawaran Sinetron

Produser film Horas Amang, Jufriaman Saragih, mengatakan bahwa film itu memang akan kental dengan budaya Batak. Bahkan, para pemeran utamanya juga benar-benar berdarah Batak.

"Om Cok Simbara sebagai Amang. Yang membedakan film ini dengan film Batak lainnya, ini kami menggunakan pemeran yang memang orang Batak. Banyak film yang (para pemainnya) bukan otang Batak, jadi logatnya dibikin-bikin. Jadi, di sini dialegnya tidak dibikin-bikin, natural," ujar Jufri dalam jumpa pers film Horas Amang di Wasita Graha Gatra, Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (31/1/2019).

Baca juga: Bermain Teater, Ersa Mayori Ajarkan Budaya Indonesia pada Anak

Selain itu, film yang disutradarai oleh Irham Acho dan Steve Wantania tersebut akan pula menggunakan lagu latar berbahasa Batak.

"Kami menggunakan soundtrack 'Anakku Naburju'. Ada juga beberapa lagu asli Batak, dengan musik gondang. Kami akan menjaga betul-betul khas Bataknya," ucap Steve Wantania.

Baca juga: Elma Theana Dengarkan Rekaman Bahasa Batak Tiap Hari

Jufriaman Saragih menambahkan bahwa film yang diangkat dari naskah milik Ibas Aragi itu diharapkan akan mampu mengajak generasi muda untuk kembali kepada keluarga dan budaya.

"Melalui film ini akan bangkit generasi yang cinta keluarga, menghargai dan menyayangi orangtua. Back to family, kembali kepada budaya yang diajarkan orangtua," kata Jufri.

Baca juga: Jamrud Sajikan Lagu Batak di Panggung Utama Synchronize Fest 2018

Shooting film Horas Amang akan dimulai di Danau Toba dan Pulau Samosir, Sumatera Utara, pada 3 Februari 2019. 

Shooting tersebut akan dilanjutkan di Jakarta.

Film yang dibintangi oleh Cok Simbara, Piet Pagau, Novita Dewi, Tanta Ginting, dan Jack Marpaung itu dijadwalkan akan mulai dipertontonkan di bioskop-bioskop pada pertengahan 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X