Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SM Entertainment dan Trans Media Padukan Artis Indonesia dengan K-Pop

Kompas.com - 21/02/2019, 14:07 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Trans Media Corpora menjalin kerja sama dengan agensi hiburan asal Korea Selatan, SM Entertainment, melalui penandatanganan Pokok Perjanjian Kerja Sama atau Heads of Agreement. Perjanjian tersebut diteken sejak September 2018 lalu.

Keduanya berkolaborasi mewakili industri hiburan Korea Selatan-Indonesia dalam kerja sama empat bidang; talent management, produksi konten, digital, dan gaya hiburan.

Chariman CT Corp Chairul Tanjung mengungkapkan tujuan dari kerja sama pihaknya dengan agensi hiburan terbesar di Korea Selatan tersebut.

"Kerja sama ini bukan hanya memberikan kesempatan kepada artis-artis Korea berekspresi atau melakukan karya-karya di Indonesia, tapi juga bisa mengangkat hasil-hasil karya artis-artis Indonesia di mata dunia," ujar Chairul dalam jumpa pers di Ballroom C Grand Hyatt Hotel, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (21/2/2019).

SM Entertainment dan Trans Media akan mengembangkan industri Indonesia Pop atau I-Pop untuk mengembangkan dan mempromosikan musik Indonesia di pentas dunia.

Mereka akan bekerja sama dalam mengembangkan talenta lokal dan konten berkualitas internasional.

SM Entertainment sebagai pelopor Korean Wave akan membagikan pengalaman dalam mengimplementasi manajemen mereka. Misalnya, proses seleksi peran, pelatihan, produksi, marketing, dan talent management.

"Kami berharap Indonesia dengan partnership ini juga bisa mengikuti Korea Selatan untuk memajukan ekonomi sebagai pilar penting demi kemajuan bangsa negara kita," ujar Chairul.

Kolaborasi perdana antara boyband asal Korea Selatan, Super Junior, yang di bawah naungan SM Entertainment akan berkolaborasi dengan penyanyi Rossa. Keduanya akan berkolaborasi dalam pembuatan singel lagu.

Rossa menjadi penyanyi Indonesia pertama yang masuk di dalam manajemen SM Entertainment bekerja sama dengan Trans Media.

Baca juga: SM Entertainment Buka Kantor Perwakilan di Indonesia, Apa Saja Isinya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com