Roma Raih Penghargaan Best Foreign Language Film dalam Oscar 2019

Kompas.com - 25/02/2019, 09:25 WIB
Sutradara Alfonso Cuaron menerima Piala Oscar untuk film Roma yang dinobatkan sebagai film berbahasa asing terbaik pada Academy Awards 2019 di Dolby Theatre, Hollywood, California, Minggu (24/2/2019). Kevin Winter/Getty Images/AFPSutradara Alfonso Cuaron menerima Piala Oscar untuk film Roma yang dinobatkan sebagai film berbahasa asing terbaik pada Academy Awards 2019 di Dolby Theatre, Hollywood, California, Minggu (24/2/2019).

KOMPAS.com - Film Roma garapan sutradara Alfonso Cuaron meraih penghargaan sebagai Best Foreign Language Film dari Academy Awards 2019, Minggu (24/2/2019).

Melalui akun Twitter, @TheAcademy, pengumuman tersebut disampaikan.

"Dan pemenang (Best Foreign Language Film) adalah... Roma (Meksiko)," tulis akun tersebut seperti dikutip Kompas.com, Senin (26/2/2019).


Roma menggeser nomine lainnya, yaitu film Capernaum (Lebanon), Never Look Away (Jerman), Shoplifters (Jepang), Cold War (Polandia).

Selain itu, Roma juga memenangi Best Cinematography dan mengungguli film A Star Is Born, Cold War, The Favourite, serta Never Look Away yang juga masuk dalam nominasi tersebut.

Film Roma sebelumnya disebut mencetak sejarah dalam Oscar 2019. Drama otobiografi hitam-putih itu, pada Selasa (22/1/2019), diumumkan sebagai salah satu nomine untuk kategori Best Picture.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu menjadikan Roma sebagai film pertama dari layanan film streaming, Netflix, yang masuk dalam nominasi tersebut.

Roma juga merupakan nomine Film Terbaik pertama yang tidak ada dalam box office karena hanya tayang di Netflix dan beberapa bioskop tertentu.

Produser film Roma, Gabriela Rodriguez, juga menjadi perempuan Hispanik pertama yang pernah menerima nominasi Oscar untuk Film Terbaik.

Cuaron pun kali pertama menerima nominasi sinematografi untuk film yang juga ia sutradarai.

Baca juga: Film Roma Cetak Sejarah dalam Oscar 2019

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.