Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Igor Saykoji Tidak Kejar Setoran dalam Berkarya

Kompas.com - 10/03/2019, 10:17 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi rap Igor Saykoji (35) telah melewati perjalanan panjang dalam berkarier menjadi seorang musisi hip hop.

Meski kini sudah memiliki rumah produksi untuk musiknya sendiri, Igor tidak ingin hanya mengejar materi dalam berkarya.

"Kalau gue, gue sudah mengembangkan dari awal cuma ngerap doang, sampai gue punya music production, secara profit, finansial menghasilkan lebih dari waktu gue ngerap," kata Igor saat ditemui di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2019).

"Gue ngerjain musik macam-macam sekarang, scoring film, soundtrack, iklan. Jadi dalam hal ini gue masih berkarya, tapi gue enggak kejar setoran, gue mau bikin, bikin aja," lanjut musisi bernama lengkap Ignatius Rosoinaya Penyami tersebut.

Igor menyadari, saat ini dia memiliki tanggung jawab lebih. Pada posisi sekarang, ia merasa tidak mungkin membuat lagu hanya untuk bersaing dengan musisi-musisi yang lebih muda.

Baca juga: Igor Saykoji Beri Masukan untuk Para Musisi Hip Hop

"Yang memang saatnya mereka dengan gegap gempitanya, lirik mereka seperti itu. Gue udah ada di posisi di mana gue punya tanggung jawab lebih dari sekadar reputasi dan ego karier gue sebagai seorang raper. Enggak," lanjutnya.

Igor banyak berbagi ilmu tentang musik hip hop melalui media sosial. Selain itu, pelantun lagu "Jomblo" itu juga membuat konten edukasi bersama putranya.

Baca juga: Igor Saykoji Berbagi Ilmu Musik Hip Hop Lewat YouTube

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com