Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuan Tigabelas Lindungi Harimau Sumatera Pakai Musik

Kompas.com - 14/03/2019, 11:15 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi rap Tuan Tigabelas atau lebih akrab disapa Upi siap meluncurkan album solo perdananya bertajuk Harimau Sumatera.

"Saya sedang pengerjaan album solo perdana. Kalau sesuai jadwal saya rilisnya 20 Juni 2019. Judulnya Harimau Sumatera, karena gua orang Sumatera," kata Upi saat ditemui Kompas.com di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, belum lama ini.

"Analoginya adalah kita ini orang Sumatera kalau enggak tahu dari mana, kita akan punah di era yang modren ini. Sama kayak harimau," sambungnya.

Selain itu, Upi memiliki misi khusus untuk bisa menyuarakan kepedulian terhadap kehidupan harimau di Sumatera melalui album tersebut.

"Karena judulnya Harimau Sumatera, gue dan tim bekerjasama dengan NGO yang bergerak di bidang konservasi, akhirnya kami setuju bahwa album ini kampanyenya, semua penjualannya akan kami alokasikan ke konservasi harimau Sumatera," tutur Upi.

Baca juga: Tak Puas Hukumannya Dipotong, Ahmad Dhani Akan Ajukan Kasasi

Tak hanya mendonasikan hasil penjualan albumnya, Upi juga membuat dua lagu khusus yang berisi pesan untuk menjaga dan memelihara harimau Sumatera.

"Ada 13 lagu mostly tentang personal life sih, tapi ada dua lagu yang memang gue dedikasikan untuk harimau Sumatera," ujar Upi.

"Ada buat meningkatkan awareness bahwa harimau Sumatera dalam tahap berbahaya, bisa punah. Karena di Jawa sudah punah, Kalimantan sudah punah. Kalau gue enggak menyebarkan awareness ini, kami enggak punya harimau lagi nantinya," tambahnya.

Bagi Upi, hal itu dia lakukan agar album ini bisa memberikan dampak yang baik untuk lingkungan sekitarnya.

"Kalau gua bisa kasih impact ke satu orang tentang isu ini, gue merasa gue berguna. Gue mau bikin sesuatu yang bisa berguna buat lingkungan gue sendiri enggak cuma buat karier gua. Give back gue buat bumi dan segala isinya," tambah Upi.

Baca juga: Akui Terlibat Skandal Video Mesum Jung Joon Young, Yong Junhyung Cabut dari Highlight

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com