Tuan Tigabelas Lindungi Harimau Sumatera Pakai Musik

Kompas.com - 14/03/2019, 11:15 WIB
Tuan Tigabelas saat ditemui usai tampil dalam acara Konser Hari Musik Nasional 2019 bersama Motion Radio di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2019). KOMPAS.com/IRA GITATuan Tigabelas saat ditemui usai tampil dalam acara Konser Hari Musik Nasional 2019 bersama Motion Radio di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi rap Tuan Tigabelas atau lebih akrab disapa Upi siap meluncurkan album solo perdananya bertajuk Harimau Sumatera.

"Saya sedang pengerjaan album solo perdana. Kalau sesuai jadwal saya rilisnya 20 Juni 2019. Judulnya Harimau Sumatera, karena gua orang Sumatera," kata Upi saat ditemui Kompas.com di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, belum lama ini.

"Analoginya adalah kita ini orang Sumatera kalau enggak tahu dari mana, kita akan punah di era yang modren ini. Sama kayak harimau," sambungnya.

Selain itu, Upi memiliki misi khusus untuk bisa menyuarakan kepedulian terhadap kehidupan harimau di Sumatera melalui album tersebut.

"Karena judulnya Harimau Sumatera, gue dan tim bekerjasama dengan NGO yang bergerak di bidang konservasi, akhirnya kami setuju bahwa album ini kampanyenya, semua penjualannya akan kami alokasikan ke konservasi harimau Sumatera," tutur Upi.

Baca juga: Tak Puas Hukumannya Dipotong, Ahmad Dhani Akan Ajukan Kasasi

Tak hanya mendonasikan hasil penjualan albumnya, Upi juga membuat dua lagu khusus yang berisi pesan untuk menjaga dan memelihara harimau Sumatera.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ada 13 lagu mostly tentang personal life sih, tapi ada dua lagu yang memang gue dedikasikan untuk harimau Sumatera," ujar Upi.

"Ada buat meningkatkan awareness bahwa harimau Sumatera dalam tahap berbahaya, bisa punah. Karena di Jawa sudah punah, Kalimantan sudah punah. Kalau gue enggak menyebarkan awareness ini, kami enggak punya harimau lagi nantinya," tambahnya.

Bagi Upi, hal itu dia lakukan agar album ini bisa memberikan dampak yang baik untuk lingkungan sekitarnya.

"Kalau gua bisa kasih impact ke satu orang tentang isu ini, gue merasa gue berguna. Gue mau bikin sesuatu yang bisa berguna buat lingkungan gue sendiri enggak cuma buat karier gua. Give back gue buat bumi dan segala isinya," tambah Upi.

Baca juga: Akui Terlibat Skandal Video Mesum Jung Joon Young, Yong Junhyung Cabut dari Highlight

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.