Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Project Pop: Kami Bukan Grup Musik Parodi

Kompas.com - 26/03/2019, 18:23 WIB
Andika Aditia,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Project Pop, yang lahir pada 1996, bukan grup musik parodi. Itu ditegaskan oleh dua dari lima personel grup tersebut, Tika Panggabean dan Udjo.

Project Pop, yang kini beranggota Tika, Udjo, Yosi, Odie, dan Gugum, memang memiliki  lagu-lagu yang jenaka dengan tema lirik yang akrab dengan kehidupan sehari-hari.

Belum lagi, Project Pop lahir di Bandung dalam lingkungan kreativitas yang sama dengan grup musik parodi P Project, yang terbentuk pada 1984.

Meski begitu, Project Pop menolak disebut sebagai grup musik parodi.

"Kami bukan (grup musik) parodi, Project Pop berbeda dengan parodi," ucap Tika ketika ditemui dalam sebuah acara di Pasaraya Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (26/3/2019).

Baca juga: Dapat Suntikan Semangat, Project Pop Siapkan Singel Terbaru

Sementara itu, Udjo menjelaskan bahwa mereka menyatakan bukan grup musik parodi karena  mereka mencipta sendiri lagu-lagu yang mereka sajikan dan mereka tidak memelesetkan lagu-lagu milik orang-orang lain.

"Nah, jadi, konsepnya, kami sebenarnya bukan parodi, meski banyak yang bilang Project Pop parodi. Parodi itu memelesetkan lagu-lagu orang, seperti yang dilakukan oleh senior kami itu, ada Joe, Denny, Iszur, Daan lewat P Project," tuturnya.

Baca juga: Jadi Penyiar Radio, Tika dan Udjo Project Pop Dapat Banyak Makanan

Namun, Tika, Udjo dan kawan-kawan tak masalah jika ada yang bertanya apakah mereka grup musik parodi atau bukan, karena itu sudah terjadi sedari 20 tahun lalu.

"Sempat ditanya sama label (perusahaan rekaman), waktu P Project mau kenalkan kami, 'Ini yuniornya gimana genrenya?', 'Oh enggak, mereka nanti buat lagu sendiri,' itulah yang membuat kami berbeda dengan konsep parodi," kata Udjo.

Baca juga: Project Pop Merasa Sering Terlupakan

Hingga kini Project Pop masih menjadi grup musik dengan konsep komedi yang tak banyak diusung oleh grup-grup musik lain.

Beberapa hit mereka adalah "Bukan Superstar", "Ingatlah Hari Ini", "Dangdut Is The Music of My Country", dan "Goyang Duyu".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com