Atiqah Hasiholan Belajar Mengenal Budaya Jawa untuk Jadi Dukun Manten

Kompas.com - 01/04/2019, 17:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Atiqah Hasiholan belajar mengenal budaya Jawa demi mendalami perannya sebagai Yasnina, seorang perempuan modern yang belajar menjadi dukun manten atau pemaes dalam film Mantan Manten.

"Kalau dalam cerita itu iya ada ritual, tapi itu kan di film jadi enggak harus lakuin ritualnya juga, tapi sedapat mungkin kita ada workshop. Paesnya juga, di situ juga diajarin budaya Jawa juga," kata Atiqah saat ditemui dalam jumpa pers dan screening film Mantan Manten di XXI Epicentrum Walk, Senin (1/4/2019).

"Kami ada workshop di daerah Manggarai, di Jakarta ada lima sampai enam kali pertemuan," sambungnya.

Baca juga: Atiqah Hasiholan Jadi Dukun Manten di Mantan Manten

Atiqah bercerita, dia juga belajar tentang filosofi yang terdapat dalam rangkaian adat pernikahan Jawa.

"Jadi, paling tidak sebisa mungkin mengenal budaya Jawa, filosofinya. Apa yang dilakukan, terutama membawa ini (seserahan), membawa juga enggak sembarangan," tutur Atiqah.

"Bukan cuma ada lengkung gini, ada garis ini, itu semua ada syarat dan doa juga filosofinya dan lain," imbuhnya, berbircara soal riasan pengantin Jawa.

Mantan Manten yang disutradarai oleh Farishad Latjuba menceritakan perjuangan Yasnina dalam menyelesaikan permasalahan kehidupannya.

Selain Atiqah, film ini juga turut dibintangi oleh Arifin Putra, Tyo Pakusadewo, Oxcerila Paryana, Dodit Mulyanto, Asri Welas dan masih banyak lagi.

Mantan Manten dijadwal tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 4 April 2019 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.