Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pos Indonesia Terbitkan Prangko Versi Gundala dan Si Buta dari Gua Hantu

Kompas.com - 04/04/2019, 17:28 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pos Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bekerja sama dengan Asosiasi Komik Indonesia (AKSI) menerbitkan prangko edisi spesial bertemakan jagoan Indonesia.

Ada tiga jagoan yang berasal Studio Komik BumiLangit, yakni Sri Asih, Si Buta dari Gua Hantu, dan Gundala. Prangko mereka masing-masing memiliki nominal Rp 3.000.

Ketua AKSI, Faza Meonk, mengatakan bahwa prangko tersebut dibuat dalam rangka memperingati 100 tahun kelahiran Bapak Komik Indonesia, Raden Ahmad Kosasih alias RA Kosasih.

"Maka disepakati untuk mengangkat tema jagoan Indonesia, mengingat salah satu karya orisinal RA Kosasi yang paling dikenal adalah Sri Asih. Dia sosok adisatria perempuan pertama di Indonesia," ujar Faza dalam jumpa pers di Gedung Filateli, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2019).

Baca juga: Perasaan Abimana Aryasatya Campur Aduk Saat Terpilih Perankan Gundala

Faza berujar, selain memperingati 100 tahun kelahiran RA Kosasih, tahun ini juga adalah 50 tahun lahirnya Gundala karya Hasmi. Pada 2017, Si Buta dari Gua Hantu karya Ganes TH juga merayakan 50 tahun kelahirannya.

"Tiga sosok karakter itu yang dipilih sebagai tonggak perjalanan panjang komik Indonesia," kata Faza.

Commercial General Manager dari BumiLangit Entertainment Corpora, Andy Wijaya, menambahkan bahwa sebagai anggota AKSI, pihaknya menyambut terbuka kesempatan untuk mempromosikan komik Indonesia melalui tiga jagoan.

"Ketiga jagoan sudah dikelola BumiLangit hak ciptanya dan terus berusaha diperkenalkan ke generasi muda dengan berbagai cara," kata Andy.

Baca juga: BumiLangit Buka Peluang Gundala dan Si Buta dari Gua Hantu Dibuatkan Seri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com