Vokalis Iron Maiden Bruce Dickinson Dinobatkan Jadi Warga Kehormatan Sarajevo

Kompas.com - 08/04/2019, 05:41 WIB
Vokalis band heavy metal Iron Maiden, Bruce Dickinson (tengah) dianugerahi gelar Warga Kehormatan Sarajevo di Sarajevo, Bosnia-Herzegovina, Sabtu (6/4/2019). AFP/ELVIS BARUKCICVokalis band heavy metal Iron Maiden, Bruce Dickinson (tengah) dianugerahi gelar Warga Kehormatan Sarajevo di Sarajevo, Bosnia-Herzegovina, Sabtu (6/4/2019).
Editor Kistyarini

KOMPAS.com - Vokalis band heavy metal Iron Maiden, Bruce Dickinson, dinobatkan sebagai Warga Kehormatan Sarajevo, Bosnia Herzegovina, Sabtu (6/4/2019).

Penghargaan itu diberikan kepadanya karena Dickinson membawa band solonya ke ibukota Bosnia itu pada Desember 1994. Dickinson tiba bersama konvoi bantuan yang dikawal pasukan penjaga perdamaian PBB.

Kunjungan Dickinson dan bandnya itu terjadi ketika Sarajevo masih terisolasi karena dikepung karena perang selama 44 bulan.

Penghargaan itu diserahkan kepada Dickinson oleh Wali Kota Sarajevo Abdullah Skaka.

"Kedatangan Bruce Dickinson di Sarajevo pada 1994 merupakan salah satu moment yang membuat kami di Sarajevo menyadari bahwa kami akan bertahan, bahwa Kota Sarajevo akan bertahan, bahwa Bosnia-Herzegovina akan bertahan," kata Skaka saat memberi sambutan.

Upacara penyerahan penghargaan itu dilangsungkan pada Sarajevo Day, peringatan kebebasan kota itu pada 1945 saat Perang Dunia II.

Sarajevo Day juga untuk memperingati pengepungan oleh tentara keturunan Serbia yang menewaskan lebih dari 11.000 penduduk, termasuk 1.600 anak.

"Diperlukan keberanian dan rasa kemanusiaan yang besar untuk berkunjung ke Sarajevo yang hancur dan dikepung pada 1994, untuk mengatakan tidak dan menyerukan penghentian perang terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II," kata Igor Gavric, ketua dewan kota Sarajevo, pada acara tersebut.

"Kehormatan besar bagi saya dinyatakan sebagai warga kehormatan Sarajevo," kata Bruce Dickinson setelah menerima penghargaan tersebut.

"Saya rasa penghargaan ini juga milik warga Sarajevo yang masih berada di sini," lanjut dia.

Usai upacara penyerahan penghargaan itu, Dickinson mengatakan hanya itu yang bisa lakukan sebagai musisi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber AFP, AP
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X