Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Annisa Pohan dan AHY Ceritakan Perkembangan Kondisi Kesehatan Ani Yudhoyono

Kompas.com - 16/04/2019, 20:46 WIB
Andika Aditia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Annisa Pohan dan suaminya Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengatakan, bahwa proses pengobatan Ani Yudhoyono kini sudah memasuki kemoterapi fase ketiga. 

Diketahui, Ani Yudhoyono mengidap kanker darah dan sedang menjalani pengobatan di National University Hospital Singapura.

Hal itu mereka sampaikan usai tampil dalam salah satu acara stasiun televisi swasta di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2019).

"Sekarang sudah masuk ke siklus ketiga dari kemoterapi. Di mana mengonsumsi obat-obat yang cukup keras dan memiliki efek samping yang tidak ringan harus dihentikan dulu saat ini," ucap AHY.

Baca juga: Annisa Pohan Berhijab Saat Pencoblosan

AHY menuturkan, ibunya untuk saat ini harus memiliki kondisi fisik yang stabil dan terhindar dari virus atau gangguan kesehatan lainnya, agar dapat menjalani kemoterapi fase ketiga dan keempat.

Sementara, Annisa yang berada di samping AHY mengatakan, beberapa fase kemoterapi yang harus dijalani oleh mertuanya itu merupakan salah satu syarat agar bisa menjalani operasi transplantasi sumsum tulang, salah satu cara mengobati kanker darah yang diidap oleh Ani Yudhoyono.

"Harusnya idealnya 4 kali kemoterapi dengan harapan sel-sel kankernya hilang. Sehingga saat sel-sel kanker itu sudah hilang, bisa dilakukan transplantasi sumsum tulang," ucapnya.

"Kali ini baru selesai kemoterapi kedua. Sehingga harus istirahat dulu untuk menambah daya tahan tubuhnya, untuk memperbaiki tubuh-tubuhnya yang terasa sakit. Kalau sudah fit baru bisa dilanjutkan lagi kemoterapi," sambungnya.

Baca juga: Annisa Pohan Ingin Almira Ikuti Jejaknya

Proses yang panjang itu membuat AHY dan keluarga tak henti untuk saling menyemangati, agar tetap kuat mendampingi Ani Yudhoyono selama proses pengobatan.

"Memang harus sabar betul karena ini maraton. Proses yang sangat panjang. Kita kadang berharap setiap hari ada kemajuan-kemajuan. Tapi memang begitulah siklusnya, kadang naik, kadang turun. Yang jelas harus kuat dan sabar secara pribadi," ucapnya.

Ani Yudhoyono diketahui mengidap kanker darah sejak 2 Februari 2019 lalu. Sejak saat itu pula, Ani menjalani perawatan intensif di Singapura.

Baca juga: Annisa Pohan: Saya Senang dengan K-pop

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com