Annisa Pohan dan AHY Ceritakan Perkembangan Kondisi Kesehatan Ani Yudhoyono

Kompas.com - 16/04/2019, 20:46 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono dan istrinya Annisa Pohan saat ditemui usai tampil di salah satu acara stasiun televisi swasta di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAAgus Harimurti Yudhoyono dan istrinya Annisa Pohan saat ditemui usai tampil di salah satu acara stasiun televisi swasta di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Annisa Pohan dan suaminya Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengatakan, bahwa proses pengobatan Ani Yudhoyono kini sudah memasuki kemoterapi fase ketiga. 

Diketahui, Ani Yudhoyono mengidap kanker darah dan sedang menjalani pengobatan di National University Hospital Singapura.

Hal itu mereka sampaikan usai tampil dalam salah satu acara stasiun televisi swasta di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2019).

"Sekarang sudah masuk ke siklus ketiga dari kemoterapi. Di mana mengonsumsi obat-obat yang cukup keras dan memiliki efek samping yang tidak ringan harus dihentikan dulu saat ini," ucap AHY.

Baca juga: Annisa Pohan Berhijab Saat Pencoblosan

AHY menuturkan, ibunya untuk saat ini harus memiliki kondisi fisik yang stabil dan terhindar dari virus atau gangguan kesehatan lainnya, agar dapat menjalani kemoterapi fase ketiga dan keempat.

Sementara, Annisa yang berada di samping AHY mengatakan, beberapa fase kemoterapi yang harus dijalani oleh mertuanya itu merupakan salah satu syarat agar bisa menjalani operasi transplantasi sumsum tulang, salah satu cara mengobati kanker darah yang diidap oleh Ani Yudhoyono.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Harusnya idealnya 4 kali kemoterapi dengan harapan sel-sel kankernya hilang. Sehingga saat sel-sel kanker itu sudah hilang, bisa dilakukan transplantasi sumsum tulang," ucapnya.

"Kali ini baru selesai kemoterapi kedua. Sehingga harus istirahat dulu untuk menambah daya tahan tubuhnya, untuk memperbaiki tubuh-tubuhnya yang terasa sakit. Kalau sudah fit baru bisa dilanjutkan lagi kemoterapi," sambungnya.

Baca juga: Annisa Pohan Ingin Almira Ikuti Jejaknya

Proses yang panjang itu membuat AHY dan keluarga tak henti untuk saling menyemangati, agar tetap kuat mendampingi Ani Yudhoyono selama proses pengobatan.

"Memang harus sabar betul karena ini maraton. Proses yang sangat panjang. Kita kadang berharap setiap hari ada kemajuan-kemajuan. Tapi memang begitulah siklusnya, kadang naik, kadang turun. Yang jelas harus kuat dan sabar secara pribadi," ucapnya.

Ani Yudhoyono diketahui mengidap kanker darah sejak 2 Februari 2019 lalu. Sejak saat itu pula, Ani menjalani perawatan intensif di Singapura.

Baca juga: Annisa Pohan: Saya Senang dengan K-pop

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.