Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ali Baba, Aladdin, dan Sinbad Hadir di Bentara Budaya Yogyakarta

Kompas.com - 23/05/2019, 04:00 WIB
Ati Kamil

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Jumat, 24 Mei 2019, mulai pukul 16.00 WIB. Bentara Budaya Yogyakarta, Jalan Suroto No 2, Kotabaru, Yogyakarta, akan membuka pameran Ali Baba.

Pameran gambar-gambar yang menjadi ilustrasi kisah Ali Baba itu akan bisa dinikmati oleh publik pada 24-31 Mei 2019.

Kisah Ali Baba, sebagaimana kisah-kisah Aladdin dan Sinbad, merupakan bagian dari Cerita 1001 Malam dari Persia pada zaman Sultan Harun Al Rasyid.  

Baca juga: Akan Ada Dunia Bakul di Bentara Budaya Yogyakarta

Ali Baba boleh dibilang merupakan salah satu kisah yang paling terkenal di seluruh dunia. Banyak pula pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Contohnya, "Berbagilah dengan sesama, jangan jadi orang pelit", "Ketamakan akan memunculkan masalah", dan "Siapa pun yang berniat jahat, kejahatan akan berbalik kepada dirinya".

Contoh lainnya, "Jangan iri hati dan serakah, karena keserakahan hanya menimbulkan kesusahan dalam hidup" dan "Berbuat baiklah kepada orang lain, maka kebaikanmu suatu saat akan dibalas dengan cara yang tidak disangka".

Baca juga: Pameran Puisi UGM Membuka Mei 2019 di Bentara Budaya Yogyakarta

Untuk pameran tersebut, gambar-gambar diambil dari buku Arabisch Nachtiverstellingen, yang kisahnya diceritakan kembali oleh Laurence Housman dan diterbitkan oleh Amsterdam Van Holkema & Warendorf.  

Di samping itu, akan dipamerkan pula sejumlah ilustrasi dari cerita Arab lainnya, antara lain Sinbad Si Pelaut dan Aladdin dan Lampu Wasiat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com