Selasa Ini Bentara Budaya Jakarta Hadirkan Wanita dan Laut

Kompas.com - 25/06/2019, 15:49 WIB
Sajak Selasa Bentara Budaya
Sejumlah anggota komunitas Bentara Muda membawakan sajak dan musikalisasi sajak pada acara program Sajak Selasa di Bentara Budaya Jakarta, Selasa (27/2). Program ini merupakan apresiasi sastra khususnya bagi penikmat sajak dengan berkolaborasi dengan musik akustik dan gamelan karawitan.

Kompas/Riza Fathoni (RZF)
27-02-2018KOMPAS/RIZA FATHONI Sajak Selasa Bentara Budaya Sejumlah anggota komunitas Bentara Muda membawakan sajak dan musikalisasi sajak pada acara program Sajak Selasa di Bentara Budaya Jakarta, Selasa (27/2). Program ini merupakan apresiasi sastra khususnya bagi penikmat sajak dengan berkolaborasi dengan musik akustik dan gamelan karawitan. Kompas/Riza Fathoni (RZF) 27-02-2018

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bentara Budaya Jakarta bersama Komunitas Bentara Muda mengadakan lagi program rutin sebulan sekali Sajak Selasa di Bentara Budaya Jakarta, Selasa ini (25/6/2019) mulai pukul 19.00 WIB.

Untuk kali ini, Bentara Budaya dan Komunitas Bentara Muda bekerja bareng Climate Rangers, komunitas peduli lingkungan yang digerakkan oleh kaum muda Jakarta dan kota-kota lain.

Baca juga: Sajak Selasa: Dari Bentara Muda hingga Pusat Dokumentasi Sastra Ambil Bagian

Sesuai tema Sajak Selasa kali ini, Wanita dan Laut, para penampilnya akan menyuguhkan puisi dan kolaborasi antara puisi dengan seni-seni lain yang berisi pesan peduli lingkungan, khususnya laut.

Hal itu dikaitkan dengan Hari Laut Sedunia, 8 Juni.

Para penampilnya adalah Erna Winarsi Wiyono (penyair), Teddy Arte (perupa, menyuguhkan live painting), Retno Kaniraras (Duta Selam Indonesia 2012, membacakan puisi), kelompok musik karawitan, dan para penyaji bentuk-bentuk apresiasi puisi lainnya.

Baca juga: Pameran Puisi UGM Membuka Mei 2019 di Bentara Budaya Yogyakarta

Bentara Muda merupakan komunitas di bawah naungan Bentara Budaya Jakarta yang terbentuk pada 2007.

Selain menyelenggarakan kelas-kelas apresiasi seni, antara lain tari, musik karawitan, dan paduan suara, Bentara Muda juga secara berkala menyelenggarakan kegiatan berbasis komunitas anak muda dalam program Gambar Bareng, diskusi sastra, workshop fotografi, atau pemutaran film.

Baca juga: Tohpati Kawinkan Gitar dan Kendang di Bentara Budaya Jakarta

Climate Rangers merupakan komunitas anak muda yang ikut berusaha mewujudkan Indonesia Bebas Energi Fosil dan mengedepankan energi terbarukan.

Selama ini mereka terbilang aktif memberi edukasi tentang perubahan iklim, baik ke sekolah-sekolah maupun dalam berbagai sesi diskusi.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


PenulisAti Kamil
EditorAti Kamil
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X