Komnas Perempuan: Kami Hargai Fairuz Berani Melapor

Kompas.com - 08/07/2019, 19:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komisioner Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, Magdalena Sitorus, mengapresiasi langkah yang diambil artis peran Fairuz A Rafiq.

Apresiasi itu terkait laporan Fairuz ke Polda Metro Jaya lantaran terlapor, Galih Ginanjar, diduga melakukan tindakan senonoh menyebarkan konten bermuatan asusila.

"Yang kami hargai dia berani melakukan laporan dan pengaduan," ujar Magdalena di Komnas Perempuan, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2019).

Baca juga: Hotman Paris: Galih Ginanjar Seharusnya Ditahan jika Akui Sengaja Permalukan Fairuz

Magdalena mengatakan, masih banyak kasus-kasus serupa. Namun, korban tidak berani mengadu dan melapor.

Komnas Perempuan menilai tindakan Galih termasuk pelecehan seksual. Dampaknya tidak hanya kepada korban, tetapi juga kepada anaknya dan keluarganya.

Atas hal ini, Komnas Perempuan akan membantu Fairuz dengan memberikan pendampingan dan menyurati polisi agar kasus ini diberikan perhatian.

"Lembaga kami juga akan mempelajari dan tindak lanjut sesuai kisi dan mandat Komnas Perempuan," kata Magdalena.

Baca juga: Suami Fairuz: Galih Ginanjar Tak Pernah Meminta Maaf

Hari ini, Fairuz bersama kuasa hukumnya, Hotman, datang ke Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan untuk meminta bantuan agar ikut menangani kasus konten bermuatan asusila.

Fairuz melaporkan Galih Ginanjar, Rey Utami, dan Pablo Benua, ke Polda Metro Jaya karena menyebarkan konten bermuatan asusila sekaligus menghinanya.

Konten itu disebar melalui sebuah video vlog YouTube Rey dan Pablo. Galih diduga menyebarkan kalimat tidak senonoh kepada Fairuz, salah satunya, bau ikan asin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.