Komnas Perempuan: Ucapan "Ikan Asin" Galih Ginanjar Terkait Pelecehan Seksual

Kompas.com - 08/07/2019, 21:12 WIB
Fairuz  A Rafiq dan suaminya Sonny Septian didampangi kuasa hukumnya, Hotman Paris, ke Komnas Perempuan, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2019). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanFairuz A Rafiq dan suaminya Sonny Septian didampangi kuasa hukumnya, Hotman Paris, ke Komnas Perempuan, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisioner Komnas Perempuan, Masruchah, mengatakan bahwa ucapan Galih Ginanjar terkait "ikan asin" kepada mantan istri, Fairuz A Rafiq, mengandung kata-kata tidak senonoh dan pelecehan asusila.

"Fairuz sama hal korban lainnya. Nah, kasus ini kalau kami kaitkan pelecehan seksual, isu pencemaran nama baik, kira-kira mengarah ke sana," ujar Masruchah di Komnas Perempuan, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2019).

Menurut Masruchah, pasal yang dijerat oleh kuasa hukum Fairuz, Hotman Paris, sudahlah tepat.

Baca juga: Komnas Perempuan: Kami Hargai Fairuz Berani Melapor

Pasal tersebut adalah Pasal 27 Ayat (1) juncto Pasal 45 Ayat (1) atau Pasal 27 Ayat (3) juncto Pasal 45 Ayat (1) UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Memang ini semuanya berkait dengan itu, saya kira semua perempuan pasti tersakiti merasa terpukul atas tindakan ini gitu ya. Yang semestinya itu tidak dilakukan oleh mantan pasanganya karena dampaknya tidak hanya Fairuz juga keluarganya dan anak-anaknya. Saya kira itu," katanya. 

Komnas Perempuan, kata Masruchah, telah menerima aduan dan permintaan bantuan dari pihak Fairuz agar membantu kasus hukumnya.

Baca juga: Suami Sebut Fairuz Sering Bengong dan Menangis sejak Video Ikan Asin

"Kami bisa membantu misalnya mungkin surat rekomendasi kepada Polda Metro Jaya itu yang kita lakukan dan kasus ini sedang kami pelajari," kata Masruchah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.