Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Surat Pengunduran Diri Kangin dari Super Junior

Kompas.com - 11/07/2019, 14:35 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber Soompi

KOMPAs.com - Penyanyi Kangin mengumumkan bahwa ia memutuskan keluar dari boyband yang selama ini membesarkan namanya, Super Junior atau SuJu.

Melalui akun Instagram-nya, @kanginnim, Kangin menuliskan surat pengunduran dirinya dari grup bentukan SM Entertainment itu.

Berikut isi suratnya:

Halo, ini Kangin. Sudah lama sekali sejak saya menyapa semua orang. Hati saya terasa berat karena ini adalah berita yang tidak positif, tetapi akhirnya saya menulis ini setelah banyak pertimbangan.

Setelah sekian lama, saya akan melepaskan gelar 'Super Junior'.

Saya selalu merasa kasihan kepada para member yang lain. Saya selalu berpikir bahwa akan tepat bagi saya untuk membuat keputusan lebih awal daripada nanti, tetapi memikirkan orang-orang yang mendukung saya tanpa syarat dan agensi kami, itu mengganggu hati saya, jadi saya tidak bisa mengumpulkan keberanian dengan mudah.

Saya juga berpikir saya tidak boleh memutuskan sendiri hal ini.

Tetapi akhirnya saya memutuskan bahwa saya tidak bisa menunda keputusan saya lagi melihat para member melewati berbagai hal yang tidak seharusnya mereka lalui karena masalah saya.

Di atas semuanya, saya merasa sangat menyesal kepada E.L.F. (nama penggemar Super Junior) karena kalian telah memberi saya begitu banyak cinta selama 14 tahun terakhir.

Baca juga: 14 Tahun Bersama Super Junior, Kangin Ungkap Alasannya Hengkang

Sudah terlambat untuk mengatakan ini, tetapi apakah itu dengan Super Junior atau sekarang saya sendiri, saya akan selalu merasa menyesal sekaligus bersyukur dan perasaan itu akan selalu terukir dalam hati saya.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para member dan staf agensi yang telah merawat saya sampai akhir. Saya akan selalu mendukung Super Junior. Terima kasih. Kangin".

Sebelumya, sekelompok ELF mengancam akan memboikot segala sesuatu yang berkaitan dengan Super Junior sampai Kangin dan Sungmin secara resmi dikeluarkan dari grup.
 
"Kami mengajukan petisi untuk Kangin dan Sungmin agar dikeluarkan dari Super Junior. Harap dicatat bahwa semua penggemar yang berpartisipasi dalam keseluruhan pernyataan ini berkumpul hanya untuk bertujuan menghapus dua member itu," tulis mereka dalam sebuah pernyataan di media sosial.

Para penggemar memprotes Kangin dan Sungmin untuk kontroversi mereka sebelumnya. Kangin pernah dinyatakan bersalah atas beberapa kasus pemukulan dan berkendara di bawah pengaruh alkohol, serta ditangkap karena melakukan kekerasan fisik terhadap pacarnya.

Sementara Sungmin dikritik karena dianggap mengabaikan penggemar dengan tidak memberi tahu tentang pernikahannya kepada ELF. (Sherly Angeline)

Baca juga: Tinggalkan Super Junior, Kangin Minta Maaf kepada ELF

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com