Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orkestra Remaja Indonesia Akan Tampil di The World Orchestra Festival

Kompas.com - 23/07/2019, 16:05 WIB
Kistyarini

Editor

JAKARTA, KOMPAS.comTrinity Youth Symphony Orchestra (TRUST) siap menorehkan prestasi dalam The World Orchestra Festival di Vienna, Austria agustus nanti.

Orkestra pimpinan Dr Nathania Karina, TRUST akan mengambil bagian dalam The World Orchestra Festival, yang digelar di Vienna, Austria, pada 1 hingga 4 Agustus mendatang.

Festival ini merupakan ajang pertemuan orkestra dari seluruh dunia untuk tampil, berkomunikasi dan belajar dari musisi profesional dan akademisi musik kelas dunia.

Program ini diselenggarakan setiap tahun di Vienna dengan seleksi peserta yang sangat ketat.

“Saya sangat berharap keberangkatan TRUST Orchestra ke Vienna dapat menjadi motivasi dan penyemangat untuk musisi muda Indonesia," kata Karina dalam jumpa pers di Kantorku Coworking and Office Space, Citywalk Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (22/7/2019).

Nathania menambahkan mimpi menembus dunia bisa diwujudkan dengan kerja keras serta komitmen dan kerja sama yang baik antara pemerintah, komunitas, dan pelaku seni.

Untuk persiapan tampil di World Orchestra Festival, TRUST mendapat bimbingan sejumlah seniman musik terkenal.

Mereka adalah komposer Addie MS, pemain biola Maylaffayza, maestro orkestra I Gusti Kompyang Raka, dan pelatih vokal Yudhi Ekaputra.

TRUST menjalani pelatihan selama sekitar delapan bulan dari mereka.

Baca juga: Kemegahan Aksi Panggung Yanni dan Orkestra di Prambanan Jazz 2019

“Saya percaya bahwa aktivitas berkesenian, khususnya musik orkestra sangat penting dalam pembentukan karakter manusia. Untuk itu saya selalu bersemangat untuk berbagi dalam dunia musik simfoni selagi mampu," kata Addie MS.

Sebelum berpartisipasi di The World Orchestra Festival, TRUST tampil Australia International Music Festival 2015 yang digelar di Sydney Opera House, Sydney, Australia.

Baca juga: Addie MS Ibaratkan Keberagaman Indonesia Seperti Sebuah Orkestra

TRUST juga akan tampil di sejumlah gedung pertunjukan terkenal di Vienna, seperti The Golden Hall Musikverein, Vienne Boys' Choir Concert Hall. (Sherly Angeline)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com