Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Anak Garuda", Persembahan Cokelat untuk Kemerdekaan Indonesia

Kompas.com - 19/08/2019, 12:40 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Band Cokelat kembali merilis singel bernuansa kebangsaan yang diberi judul "Anak Garuda".

Singel tersebut bukanlah tembang baru, melainkan lagu yang didaur ulang oleh Cokelat ciptaan Julanto Eka Putra yang merupakan pendiri Yayasan Selamat Pagi Indonesia (YSPI).

Pemain bas Ronny Febry Nugroho mengatakan, lagu ini sebenarnya untuk soundtrack film Anak Garuda yang akan dirilis 2020 mendatang.

"Saat pertama kali gue mendengar kabar kolaborasi ini tentunya sangat tertarik,” kata Ronny dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (19/8/2019).

"Dan ternyata, obrolan selanjutnya, tim mereka juga bikin lagu yang berjudul "Anak Garuda”, dan lagunya keren banget. Dan akhirnya materi itu gue bawa ke Cokelat dan kami semua excited untuk mengerjakannya," sambungnya.

Sementara Edwin sang gitaris mengatakan, "Anak Garuda" bergenre rock alternatif dengan sajian aransemen yang variatif. Secara pakem, katanya lagi, menyesuaikan dengan karakter asli dari Cokelat.

Baca juga: Band Cokelat Ingin Luncurkan Lagu Daerah

"Sebuah lagu energik bertema nasionalisme. Khusus untuk gitar, sound, fills dan riff sangat mewarnai lagu ini. Bagian solo gitar diisi dengan hal yang berbeda," kata Edwin.

"Kesatuan musik dan vokal lagu ini bertujuan untuk membuatnya menjadi dinamis agar pendengar bisa tumbuh rasa semangat dan bangga terhadap Garuda, tumbuh percaya diri sebagai anak Indonesia,” sambungnya.

Bagi Cokelat yang saat ini digawangi oleh Edwin Marshal Sjarif (gitar), Ronny Febry Nugroho (bass), Jackline Rossy (vokal), dan Axel Andaviar (drum), proyek ini benar-benar dipersembahkan buat Indonesia.

Apalagi momennya sangat tepat karena dirilis di Agustus, sehingga bisa diperdengarkan saat bangsa Indonesia tengah bersuka-cita memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-74.

Saat ini, “Anak Garuda” yang diluncurkan melalui label musik PRO M dan sudah bisa dinikmati di berbagai platform digital.

Baca juga: Band Cokelat Coba Hal Baru lewat Peralihan Hati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com