Kabar Perselisihan Sony dan Disney yang Berujung Keluarnya Spider-Man dari Marvel

Kompas.com - 22/08/2019, 10:48 WIB
Spider-Man: Far From Home Dok. XXISpider-Man: Far From Home
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerja sama Sony dan anak perusahaan Disney, Marvel Studio, dalam memroduksi film franchise paling laris,  Spider-Man harus berakhir.

Berakhirnya kemitraan Sony dan Marvel bakal meredupkan prospek kemitraan Spider-Man di Marvel Cinematic Universe (MCU).

Perselisihan tersebut berimbas pada Sony Pictures yang selama ini memiliki hak cipta untuk Spider-Man memutuskan berpisah dengan MCU. Kevin Feige pun tidak bakal terlibat dalam pembuatan film tersebut di masa mendatang.

Berikut rangkuman fakta hengkangnya Spider-Man dari Marvel Cinematic Universe.

Baca juga: Spider-Man Berpisah dengan Marvel, #SaveSpiderMan Trending 1 Twitter

Bagi hasil dan biaya produksi

Dilaporkan Deadline, perselisihan Sony dengan Marvel Studios milik Disneyberkaitan dengan perjanjian kerja sama. Pasalnya, Disney meminta film Siper-Man berikutnya dengan biaya 50-50 dengan Sony. Namun, Sony menolak hal tersebut.

Sony justru memberikan tawaran untuk menjaga kesepakatan saat ini, di mana Marvel menerima di kisaran 5 persen dari first dollar gross (persentase pendapatan kotor box office di hari pertama rilis flim).

Disney pun menolak penawaran tersebut. Dalam kerja sama saat ini, Marvel adalah pihak yang mengelola seluruh merchandising di Spider-Man.

Baca juga: Spider-Man Berayun Menjauh dari Marvel, Sony Pictures Beberkan Masalahnya

Kevin Feige tak terlibat lagi sebagai produser

Saat ini, dua film Spider-Man dengan Tom Holland dan disutradai John Watts tengah dalam proses pengembangan. Namun, mereka tidak lagi dibimbing oleh Presiden Marvel Studios Kevin Feige sebagai produser film tersebut.

Sony Pictures menyebut, Presiden Marvel Studios Kevin Feige tak akan lagi menjabat sebagai produser film-film Spider-Man berikutnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X