Alasan Joko Anwar Didapuk Jadi Produser Kreatif Jagat Sinema Bumilangit

Kompas.com - 29/08/2019, 14:10 WIB
Sutradara film Gundala, Joko Anwar saat promo film di Kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Film Gundala akan tayang di bioskop mulai 29 Agustus 2019. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOSutradara film Gundala, Joko Anwar saat promo film di Kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Film Gundala akan tayang di bioskop mulai 29 Agustus 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Joko Anwar tidak hanya didapuk menjadi sutradara film jagoan Gundala dalam Jagat Sinema Bumilangit (JSB).

Namun, Joko juga ditugasi sebagai produser kreatif untuk film-film buatan JSB.

Produser Wicky V Olindo dari rumah produksi Screnplay Films mengatakan, penunjukan Joko setelah melalui serangkaian proses dan rekam jejak.

"Wah! Kenapa tidak untuk seorang Joko Anwar. Joko ini sudah membuktikan bahwa dia seorang story telling yang bagus," kata Wicky di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu malam (28/8/2019).

Wicky berujar, JSB membutuhkan sosok yang pantas sekaligus mumpuni mengawal cerita dan menentukan karakter jagoan atau villain mana yang masuk dalam film.

"Dia bisa membangun cerita. Memang pemilihan Joko karena dia sudah membuktikan berkali-kali punya story telling yang kuat. Di JSB ini kami memang butuh story telling yang kuat," kata Wicky.

Wicky sadar bahwa para jagoan Bumilangit akan sulit dibuat jika ingin meniru para jagoan superhero Marvel atau pun DC dalam soal CGI.

Baca juga: Sinopsis Film Gundala yang Tayang di Bioskop Hari Ini

"Jauh sekali ilmu teknis kami, budget kami, itu jauh sekali. Yang kami bisa mendekati dari sisi aspek kearifan lokal dan cerita," kata Wicky.

Karena itu, kata Wicky, cerita menjadi andalan yang ditonjolkan dalam cerita-cerita jagoan Bumilangit.

"Contohnya, Gundala dibikin bukan untuk penonton asing. Tema ini Indonesia banget. Film Gundala masyarakat bersatu. Ini belum tentu penonton asing related," kata Wicky.

"Kayak di Swedia enggak mungkin karena politiknya tenang. Di Indonesia kan related," ucap dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X