Mahasiswa Kepung DPR, Aming: Jangan Anarkis, Hati-hati Provokator

Kompas.com - 23/09/2019, 22:27 WIB
Ribuan Mahasiswa melakukan aksi demo di Depan Gedung DPR/MPR, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2019). Mereka menolak pengesahan RKUHP. KOMPAS.com/M ZAENUDDINRibuan Mahasiswa melakukan aksi demo di Depan Gedung DPR/MPR, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2019). Mereka menolak pengesahan RKUHP.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran dan pembawa acara Aming ikut angkat bicara terkait unjuk rasa yang dilakukan massa mahasiswa di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2019).

Massa mahasiswa berunjuk rasa menolak revisi UU KPK dan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).

"Ngepung boleh tapi ngepung yang tertib ya jangan ngepung yang anarkis jangan ngepung yang huru-hara," kata Aming saat ditemui usai jumpa pers peluncuran Festival Film Indonesia 2019 di Tribata, Kebayoran, Jakarta Selatan, Senin malam.

Baca juga: Ananda Badudu Galang Donasi Dukung Aksi Mahasiswa di Gedung DPR

Aming mengingatkan, agar unjuk rasa yang dilakukan para mahasiswa tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang mencari keuntungan bagi kepentingan mereka.

"Paling penting nih jangan sampai tujuan baik kalian disusupi oleh provokator-provokator yang selalu stand by jadi oportunis yang mengambil kesempatan, keuntungan," ucapnya.

"Mahasiswa itu kan presentatif dari hierarki pendidikan tertinggi jadi bertindaklah seperti manusia, dipakai kecerdasannya, nalarnya," sambungnya.

Baca juga: Ananda Badudu: Yang Lebih Buruk, Sikap Presiden Jokowi sebagai Bagian dari Masalah


Untuk diketahui, RKUHP menjadi perbincangan masyarakat karena terdapat sejumlah pasal kontroversial. Mahasiswa telah menggelar aksi unjuk rasa sejak pekan lalu untuk menolak pengesahan RKUHP tersebut.

Pasal-pasal kontroversial tersebut di antaranya delik penghinaan terhadap presiden/wakil presiden (Pasal 218-220), delik penghinaan terhadap lembaga negara (Pasal 353-354), serta delik penghinaan terhadap pemerintah yang sah (pasal 240-241).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X