Iwan Fals Balas Jawaban Sinis Netizen Saat Tanya soal Demo Mahasiswa

Kompas.com - 26/09/2019, 12:13 WIB
Artis musik legendaris Iwan Fals tampil dalam konser Perayaan Karya untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-55 di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/9/2016) malam. KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAArtis musik legendaris Iwan Fals tampil dalam konser Perayaan Karya untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-55 di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/9/2016) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi legendaris Iwan Fals membalas komentar dari warganet yang menjawab pertanyaannya dengan kalimat bernada sinis.

Awalnya pada akun Twitter-nya, @iwanfals, pelantun lagu "Bongkar" tersebut bertanya kepada warganet.

"Gimana yg demo udah kelar belum? Tuntutannya apa aja, dikabulin nggak? Korbannya siapa saja? Yg luka2 & yg meninggal berapa? Berapa kerugiannya + Karhutla? Klo Jokowi turun, yg gantiin siapa? Maklum beritanya simpang siur. Liat langsung ya tambah bingung. Iklan dulu. Sedih saya," tulis Iwan yang dikutip Kompas.com, Kamis (26/9/2019).

Baca juga: Iwan Fals Imbau Demo Tak Ganggu Kepentingan Umum, Netizen Beri Tanggapan

Seorang warganet dengan akun @muloyung kemudian berkomentar dengan mengunggah poster tujuh desakan mahasiswa kepada DPR RI.

Poster itu menjelaskan tentang penolakan pengesahan terhadap RKUHP dan sejumlah RUU kontroversial lainnya. Selain itu ada tuntutan-tuntunan lainnya.

"Jngan malas baca bang, sebelumnya kacamata bersihin ye...," tulis @muloyung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Komentar akun tersebut lantas dibalas lagi oleh Iwan. Iwan mengapresiasi tujuh poin tersebut.

Baca juga: Iwan Fals: Lihat Mahasiswa Demo Kok Jadi Pengin Kuliah Lagi

 

Namun, ia menyayangkan kerusuhan yang terjadi selama aksi unjuk rasa tersebut.

"Lha ini bagus, tapi kok pake lempar2 batu & bakar2an segala, orang jadi pada ketakutan, jalan ditutup, mau aktifitas jadi terhambat, lewat jalur hukum yg ada kan bisa," tulis Iwan di akunnya.

Setelah Iwan Fals menuliskan twit itu, warganet lainnya pun nimbrung dengan beragam komentar.

Ada yang setuju dengan Iwan, ada pula yang tidak setuju dan malah menyebut Iwan sudah tidak sekritis lagu-lagu yang pernah dilantunkannya pada zaman sebelum reformasi.

Baca juga: Iwan Fals: Wah, Repot Dah Kalau Pelajar Udah Ikutan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.