Tarian Penghancur Raya, Suara .Feast Tentang Alam dan Budaya

Kompas.com - 11/11/2019, 11:51 WIB
KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELLI

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui lagu terbarunya, .Feast melahirkan karya yang sarat unsur alam dan budaya, terutama persoalan Tari Gandrung. Tarian Penghancur Raya rilis pada Jumat (8/11/2019).

Lewat kanal YouTube Sun Eater, .Feast merilis official lyric video dengan visual seorang penari yang menari Tari Gandrung.

Mengangkat isu utama soal Tari Gandrung yang sempat dilarang oleh kelompok masyarakat, .Feast juga menyematkan persoalan lain yang terjadi.

Baca juga: Tarian Penghancur Raya, dari .Feast Tentang Tari Gandrung...

Melalui pesan WhatsApp, Kompas.com menghubungin Fadli Fikriawan, bassist .Feast.

Fadli mengatakan, pada lagu ini banyak menyinggung hal-hal natural yang sudah lama ada di peradaban manusia, seperti soal alam dan budaya.

"Sama manusia yang sekarang seolah olah manusia sekarang merasa lebih tau, lebih pintar sehingga punya solusi yang dianggap lebih baik tapi sebernya merusak apa yang telah ada, tatanan yang udah ada itu," jawab Fikriawan yang akrab dipanggil Awan.

"Baik itu secara kondisi alam, baik itu budaya juga," lanjut Awan.

Awan menambahkan pada Tarian Penghancur Raya, manusia yang justru merusak alam lebih cepat.

"Sedangkan dari segi budaya kayak, budaya lama yang seolah olah tidak sesuai dengan ajaran yang sekarang, ajaran yang dianut sekarang jadi kayak merusak apa yang ada sejak lama aja sih," tambah Awan.

Baskara Putra dalam unggahan di akun Instagram miliknya menyebutkan bahwa Tarian Penghancur Raya menjadi garapan yang serius yang sebelumnya sudah direncanakan sebelum album pertama mereka, 'Multiverses'.

Baca juga: Hindia Targetkan 10.000 Orang Tanda Tangani Petisi Spotify Jason Ranti

"Akhirnya bisa 'kembali ke suara awal' yang kami ciptakan di saat pertama kali .Feast lahir bertahun-tahun, bahkan di saat album perdana belum rilis," tulis Baskara.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X