Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jopie Item: Kalau Dia Suka, Ya Saya Lepas

Kompas.com - 13/02/2014, 16:37 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gitaris kawakan Jopie Item (63) mengaku tak pernah mengoleksi gitar lantaran "senjata-senjata" andalannya itu sering ditawar untuk dibeli oleh orang-orang lain.

"Saya enggak punya koleksi gitar, saya hanya ada beberapa gitar saja buat dipakai main. Saya enggak punya gitar yang saya pegang dari tahun berapa sampai tahun berapa. Dulu itu pakai gitar pasti dibeli sama orang, atau ada yang suka, terus dia mau bayarin, nanti saya beli lagi. Jadi, saya enggak punya gitar yang katanya kenangan," kata Jopie dalam wawancara sebelum manggung dalam konser amal Dari Gitaris untuk Indonesia di Bentara Budaya, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2014).

Ayah dari tiga artis musik—Stevie Item, Audy Item, dan Yayie Item—itu lebih sering menjual gitar-gitarnya.

"Saya pikir kalau dia suka milik saya, ya ambil saja, saya lepas. Mungkin dia tertarik karena sound-nya, bekas saya pakai main, bekas pegangan saya," ucapnya.

Namun, ada satu gitar yang tak pernah ditawar orang lain.

"Gitar yang saya pakai malam ini bukan gitar yang sudah jadi, tapi gitar potongan-potongan, not original. Neck-nya ada yang custom, body-nya dari merek ini," katanya.

"Kira-kira sedikit eksperimen, apakah kalau saya pakai gitar original atau gitar campuran akan ada perbedaan mainnya? Ternyata tidak, tetap saja sama," lanjutnya.

Karena itu, gitar yang satu itu tak pernah ditawar orang.

"Sudah ada tujuh tahunlah karena orang tidak ada yang mau beli. Tidak ada mereknya. Rata-rata gitu. Sama saja seperti mobil tua, asal Mercy pasti beli Mercy, padahal sebelahnya Toyota keren," ucap mertua dari bintang film laga Iko Uwais ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com