Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valerina Daniel Kenakan Kembali Kebaya None Jakarta

Kompas.com - 27/10/2013, 21:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Valerina Daniel (34), penyandang gelar None Jakarta 1999, mengenakan kembali busana None Jakarta yang pernah ia pakai 14 tahun silam. Kali ini ia tidak sedang di Jakarta, melainkan di Washington DC, Amerika Serikat, tempat suaminya kini bertugas. Ceritanya, Val yang pernah menjadi presenter televisi itu pada Selasa (22/10/2013) lalu menjadi pembawa acara peragaan busana untuk memperingati Hari Jadi Ke-46 ASEAN di Washington DC.

"Saya harus membawakan busana kebaya yang saya kenakan saat dinobatkan sebagai None Jakarta tahun 1999," kata Val yang berkabar lewat surat elektronik.

Rupanya, setelah sekitar 14 tahun, kebaya si None itu masih dalam kondisi terjaga sehingga tetap indah digunakan. Awalnya ia khawatir tak lagi cocok mengenakan kebaya tersebut karena Val sudah menikah dan memiliki seorang anak.

"Dulu dibuatnya saat masih gadis, tapi kenapa tidak kita reuse atau digunakan kembali? Ramah lingkungan kan..." kata Val yang juga Duta Lingkungan ini.

"Dulu jahitnya di Jakarta Selatan, di Kebayoran Baru," kata Val mengenang.

Val menceritakan warna kebaya None Jakarta yang cerah itu menarik perhatian tamu-tamu dari negara ASEAN dan negara lain. "Tugas kitalah memperkenalkan budaya Indonesia di mana pun berada. Kapan lagi kita kenalkan masyarakat Betawi yang ramah dan terbuka?" kata Val. (XAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com