Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bharata Band Junjung Pesan John Lennon

Kompas.com - 23/12/2013, 11:10 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Cinta, perdamaian, dan persahabatan dijunjung oleh Bharata Band selama bermusik sejak 50 tahun lalu. Menurut satu-satunya personel asli yang tinggal dalam Bharata Band hingga kini, vokalis sekaligus pemain gitar Tato "Bharata", tiga unsur itu membuat grup penyaji lagu-lagu band legendaris asal Inggris The Beatles tersebut berkelanjutan sampai sekarang.

"Resepnya, cinta, perdamaian, dan persahabatan. Seperti yang dulu John Lennon katakan, 'Apa yang kita berikan kepada orang itu yang kita terima'. Jadi, balance," tutur Tato dalam perbincangan sebelum manggung di 50th Anniversary Bharata Band, yang digelar di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat minggu lalu (20/12/2013).

Bharata Band awalnya terdiri dari Bambang Herwidi, Harrie Putranto (vokal dan bas), Tato, dan Harly. Bharata merupakan singkatan dari nama-nama mereka. Bambang, Harrie, dan Harly kini telah tiada.

Pada 1984, Bharata Band menjadi Bharata 84, dengan formasi Tato, Harrie, Abadi Soesman (keyboard), dan Jelly Tobing (drum). Mereka merilis album Kawula Muda pada 1986. Sekarang, Bharata Band terdiri dari Tato, Yudha (vokal dan gitar), Iwan (bas), dan Agus (drum).

Menurut Tato, Bharata Band, yang sempat mengalami vakum, sampai saat ini masih memiliki banyak penggemar yang menginginkan mereka tampil. Oleh karena itu, Tato menggelar perayaan ulang tahunnya yang ke-67 sekaligus usia 50 tahun Bharata Band, lengkap dengan pertunjukan grup tersebut.

"Ini ulang tahun saya ke-67 sekalian ulang tahun Bharata ke-50. Kami undang teman-teman SMA kami sebagai thanks giving," tuturnya.

Tato mengungkapkan, Bharata Band sekarang tidak memiliki rencana untuk menelurkan album.

"Kami enggak ada proyek apa-apa. Tapi, kami bemusik terus selama 50 tahun, karena selain sehat, dengan bermusik lagu-lagu Beatles ini akan terus enak dan kami lupa tua," kata Tato.

"Paling, di luar ini mainnya di acara teman, acara ulang tahun, karena memang kami enggak komersial," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com