Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Film Korea Selatan Terbanyak di Asia

Kompas.com - 11/12/2014, 12:20 WIB
Imam Prihadiyoko

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com -- Darby Sanchez, CEO Globecast Asia, mengatakan bahwa Korea Selatan sekarang merupakan negara yang memproduksi paling banyak film di Asia. Namun, soal  distribusi film, Tiongkok memiliki jaringan yang paling luas.

"Selain Korea Selatan, India, Filipina, dan Thailand juga bisa dibilang banyak. Sementara itu, negara lain seperti Singapura terus mengejar, diikuti juga oleh Malaysia dan Indonesia, yang belakangan jumlahnya cukup berkembang dengan cepat," ujar Sanchez di Singapura, Kamis (10/12/2014).

Menurut Sanchez, Indonesia berpotensi untuk meningkatkan produksi filmnya, tetapi sekarang mungkin belum banyak yang tertarik untuk melakukan hal itu.

"Mungkin di Indonesia orang belum sadar kalau melalui film bisa mempromosikan negaranya," tuturnya.

Beruntung, sekarang, menurut Sanchez, ada sejumlah kecil anak muda yang sadar dengan peluang itu. Mereka membuat konten dan menjualnya khusus untuk konsumsi luar negeri.

"Mereka membuat TIC, The Indonesian Channel. Mereka melihat banyak juga orang Indonesia yang tinggal di Belanda, atau orang-orang Belanda yang tertarik tentang Indonesia, mereka membuat paketnya dan menyiarkan melalui kami di sini dari ruangan di Globecast ini," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com