Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menumbuhkan Harapan Melalui Film Pendek

Kompas.com - 23/10/2015, 20:43 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- KompasTV kembali menggelar Festival Film Pendek Indonesia pada tahun ini. Dengan tema "Indonesiaku, Kebanggaanku", KompasTV ingin mengajak para sineas muda Tanah Air untuk menuangkan berbagai ide kreatif yang dapat membangkitkan harapan bangsa melalui film pendek. Selain kompetisi film pendek, Festival Film Pendek Indonesia 2015 juga menggelar workshop mengenai dunia film di delapan kota di Indonesia.
 
"Masyarakat Indonesia cenderung menomorduakan film lokal, padahal Indonesia memiliki sejumlah sineas berbakat yang mampu menciptkan karya-karya berkualitas. Namun mereka kurang dikenal karena keterbatasan medium untuk menampilkan film mereka. Oleh karena itu, KompasTV berkomitmen mengadakan FFPI setiap tahunnya, sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan karya-karya berkualitas sineas muda Indonesia kepada masyarakat luas," ungkap GM Corporate Secretary Group of TV Kompas Gramedia, Deddy Risnanto, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (23/10/2015).
 
Sineas film pendek yang ingin mengikutsertakan karyanya ke dalam FFPI 2015, dapat mengirimkan film pendek karya orisinal mereka berdurasi lima hingga 10 menit, secara langsung ke Sekretariat FFPI 2015 di Gedung KompasTV Jl. Palmerah Selatan No 1.

Pengumpulan film pendek akan ditutup pada 18 Desember 2015. Untuk keterangan lebih lengkap mengenai kompetisi film pendek FFPI 2015, dapat diakses melalui www.kompas.tv/ffpi2015 atau melalui Twitter @KompasTV, fan page Facebook KompasTV dan instagram @KompasTV.
 
Film pendek yang lolos seleksi awal oleh KompasTV akan masuk ke tahap penjurian. Teezar Sjamsudin, sutradara SUCI The Movie dan seorang sutradara ternama Indonesia lainnya akan menjadi juri atas seluruh film yang lolos ke tahap final. Final FFPI akan diselenggarakan di Jakarta pada 21 Januari 2015.
 
Sementara workshop FFPI 2015 akan dilaksanakan pada November di delapan kota di Indonesia, antara lain Jakarta, Bandung, Semarang, Yogya, Denpasar, Makassar, Surabaya dan Manado.

Dalam workshop ini, peserta akan diberikan pemahaman lebih mengenai pembuatan skrip dan manajemen pembuatan film sekaligus saling berbagi pengalaman mereka masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com