Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merayakan Tahun Keemasan Film Indonesia di Kompasianival 2015

Kompas.com - 12/12/2015, 07:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyaksikan banyaknya film Indonesia yang ditayangkan pada berbagai festival film dunia, Ismail Basbeth menyatakan bahwa tahun 2015 adalah tahun yang berkesan bagi perfilman Indonesia.

"Tahun ini, film Indonesia sedang bagus-bagusnya. Kemarin film yang masuk dalam nominasi FFI tak hanya mewakili harapan penikmat, tapi juga pembuat film," ungkap Sutradara Mencari Hilal dan co-founder Hide Projects Film itu.

Ismail memprediksi bahwa melejitnya prestasi film anak negeri di kancah perfilman dunia karena kenekatan para sutradara yang mulai melepaskan diri dari kebutuhan produser untuk mencetak film box office.

"Situasi ini perlu dirayakan karena kita jadi punya film alternatif yang tidak hanya memperhitungkan jumlah penjualan tiket, tetapi juga memperjuangkan kualitasnya. Bila begini terus, aku optimis film Indonesia akan sanggup mengubah iklim penonton sehingga terbiasa menonton film bagus," katanya.

Optimisme itulah yang akan dibagi Ismail Basbeth pada salah satu sesi talkshow Kompasianival 2015 yang bertajuk Indonesia Juara Film bersama dua narasumber lainnya, Aktor Yayan Ruhiyan dan Penulis “40 Days in Europe” Maulana M. Syuhada.

Kompasianival 2015 merupakan ajang kopi darat tahunan yang kelima kali digelar Kompasiana. Acara yang mengusung tema Indonesia Juara ini akan digelar di Piazza, Mal Gandaria City, 12-13 Desember 2015.

Disertakannya para juara di bidang perfilman pada Kompasianival 2015, merupakan salah satu bentuk perhatian Kompasiana terhadap seni, kebudayaan, dan pendidikan masyarakat.

Selain isu pembajakan film yang masih aktual, konten film juga berperan penting dalam pembentukan karakter penonton.

Mengenai hal tersebut, Maulana M. Syuhada mengatakan pentingnya pesan moral yang ingin disampaikan pada setiap film.

"Seorang filmmaker adalah juga seorang guru. Karena sesungguhnya ia juga mengedukasi masyarakat melalui filmnya," katanya.

Info lengkap jadwal acara selengkapnya di www.kompasianival.com (Widha Karina)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com