Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manggung di Perbatasan, Slank Akan Tularkan Rasa Kebangsaan

Kompas.com - 10/05/2016, 16:02 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup band Slank akan menggelar pertunjukan di daerah perbatasan Indonesia, di Stadion Kridasana, Singkawang, Kalimantan Barat, pada 15 Mei 2016 mendatang.

Konser bertema "Membangun Indonesia dari Perbatasan" itu merupakan hasil kerja sama Slank dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) dengan Slank.

Penabuh drum Slank, Bimo Setiawan Almachzumi atau Bimbim (49), mengatakan ia dan kawan-kawan sangat antusias mendapat mengikuti program tersebut.

Slank, kata Bimbim, berjanji menularkan rasa kebanggaan dan cinta Tanah Air kepada warga negara di perbatasan.

"Daerah perbatasan itu kan saya dengar bimbang karena berbatasan dengan negara lain," kata Bimbim saat jumpa pers di Markas Slank, di Jalan Potlot III, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (10/5/2016).

"Kami (Slank) akan tularkan kepada mereka 'Indonesia tuh lebih keren dari sebelah situ (Negara yang berbatasan dengan Indonesia). Di sini (Indonesia) ada Slank'," sambung Bimbim.

Bimbim mengatakan, rasa kebanggaan terhadap Indonesia sangat penting ditanamkan kepada warga negara Indonesia di perbatasan.

Menurut dia, perbatasan merupakan wajahnya Indonesia. Oleh sebab itu, Bimbim ingin halaman depan harus lebih indah daripada belakangnya.

"Ini zamannya membangun. Untuk membangun itu juga harus diiringin dengan kebudayaan," kata dia.

Menteri PDTT, Marwan Jafar, mengatakan bahwa Slank merupakan pilihan yang tepat untuk mengisi program institusinya itu.

Menurut Marwan, lagu-lagu Slank memiliki pesan-pesan yang kuat terhadap rasa nasionalisme itu.

"Diperbatasan , narkoba, TKI (tenaga kerja Indonesia), dan terorisme menjadi fokus kami. Slank sangat tepat. (Lagu-lagu) Slank punya pesan yang kuat dari itu semua," kata Marwan. \

Dalam konser nanti, Slank, yang digawangi Bimbim, Kaka, Ridho, dan Ivanka, serta Abdee dijadwalkan akan tampil pada pukul 15.30 waktu setempat.

Mereka akan membawakan lebih dari 20 lagu terpopuler Slank akan dilantunkan grup band yang berdiri sejak 1983 itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com