Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melly Goeslaw Keberatan Artis Dipaksa Promo Gila-gilaan

Kompas.com - 11/06/2016, 19:56 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencipta lagu dan penyanyi Melly Goeslaw merasa keberatan dengan gaya industri Tanah Air yang seakan memaksa seorang pekerja seni untuk promo secara gila-gilaan.

"Sebenernya rada kurang suka dengan gaya industri skrg yg memaksa artis jd promo harus gila2an, perasaan dulu kita cuma harus berfikir keras mengenai intro, bagan lagu, musik, coda, lirik lagu, sound dan terakhir promo sewajarnya," tulis istri komposer dan pemain bas Anto Hoed itu melalui akun Instagram @melly_goeslaw, Sabtu (11/6/2016).

 

Sebenernya rada kurang suka dengan gaya industri skrg yg memaksa artis jd promo harus gila2an, perasaan dulu kita cuma harus berfikir keras mengenai intro, bagan lagu, musik, coda, lirik lagu, sound dan terakhir promo sewajarnya. Saya teh penyanyi, pencipta lagu, bukan pemain saham yg harus mondar mandir liat chart. Mending kalo lagi seorang diri keluarnya. Kalau lagi seperti ini gimana coba ? Semua yg lagi beredar karya sendiri dan karya temen. Saya bersyukur bertubi tubi atas nikmat yang Allah kasih dengan pemberian kesempatan yang bertubi tubi ini juga. Temen2 silahkan download semua lagu atau salah satu lagu dari yang kalian suka. 3 soundtrack dari 3 film karya Indonesia yang akan tayang di Lebaran 2016. Tidak akan jadi apa2 tanpa dukungan dan doa dari banyak pihak. Atas izinNya tentunya. Rezeki sudah diatur Dia. Tidak perlu beradu karna ini bukan pertandingan. Bersyukur , rilex, ikhtiar dan doakan saja agar semua karya musik dan film anak bangsa tetap bisa bergelantungan di hati anak bangsa. Tanpa juga melupakan musik dan film luar sbg referensi yang positif untuk membuat diri terbuka dan lebih maju lagi. Sukses buat ost dan film nya @itsrossa910 @cakra.khan @bclsinclair Sambil nunggu lebaran mari kita nonton Conjuring 2 heula *eh Atawa mun keur euweuh gawe mah mampiiir atuh ka Kokas euy, saya teh muka booth diditu nomer 17 Wilujeng menantikan jam na buka puasa sadayana , haturnuhuuun ???????????????????????? INGAT !! KOKAS BOOTH NO.17 cuuuuus

A photo posted by Melly Goeslaw (@melly_goeslaw) on Jun 11, 2016 at 3:00am PDT

Pada foto tersebut, Melly membuat kolase dengan menampilkan lagu dan penyanyi berdasarkan grafik lagu.

Ada penyanyi Cakra Khan dengan lagu "Mencari Cinta Sejati" untuk film Rudy Habibie, "Aku Bisa Apa?" dalam film Jilbab Traveller dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari (BCL), "Jangan Hilangkan Dia" untuk film ILY From 38.000 Ft yang dinyanyikan Rossa, dan Melly sendiri untuk lagu tema film Ada Apa dengan Cinta? yang berjudul sama.

Menurut Melly, seorang penyanyi dan pencipta lagu itu tidak seharusnya mempromosikan sebuah karya secara gila-gilaan.

"Saya teh penyanyi, pencipta lagu, bukan pemain saham yg harus mondar mandir liat chart. Mending kalo lagi seorang diri keluarnya. Kalau lagi seperti ini gimana coba? Semua yg lagi beredar karya sendiri dan karya temen," tulisnya.

"Saya bersyukur bertubi tubi atas nikmat yang Allah kasih dengan pemberian kesempatan yang bertubi tubi ini juga," sambung dia.

"Tidak perlu beradu karna ini bukan pertandingan. Bersyukur, rilex, ikhtiar dan doakan saja agar semua karya musik dan film anak bangsa tetap bisa bergelantungan di hati anak bangsa. Tanpa juga melupakan musik dan film luar sbg referensi yang positif untuk membuat diri terbuka dan lebih maju lagi." 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com