Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Tahu Aspat Itu Sebenarnya Apa, Elma Theana Merasa Bodoh

Kompas.com - 05/09/2016, 21:38 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Elma Theana (41) merasa bodoh. Pasalnya, selama sembilan tahun berguru di padepokan Gatot Brajamusti, ia tak tahu aspat itu sebenarnya apa.

Elma juga tak pernah curiga bahwa aspat yang digunakan Gatot untuk terapi merupakan narkoba jenis sabu.

Ini Elma ungkapkan usai mengisi acara bincang-bincang di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (5/9/2016).

"Kalau ditanya bodoh ya bodoh banget. Saya enggak tahu itu. Banyak sih yang berpikiran negatif kepada saya, bodoh banget sembilan tahun enggak tahu. Kami enggak bisa menyalahkan karena di sana kami enggak normal," ucapnya.

Barulah sesudah meninggalkan padepokan Gatot, Elma menyadari terapi aspat dan segala macam kegiatan yang ia lakukan di sana di luar norma sosial dan agama.

"Saya melihat memang tidak sesuai dengan akidah. Banyak penyimpangan. Tidak perlu mendetail lah. Cukup saya ajalah yang tahu. Itu aib juga, malu saya," ucap Elma.

Intinya, lanjut istri Julianda Barus itu, ia bersama murid-murid Gatot lainnya melakukan sesuatu yang berhubungan dengan dunia gaib.

"Di mana ternyata begitu saya tahu, kita enggak boleh terlibat urusan gaib. Kita tidak boleh berkolaborasi dengan jin," kata Elma.

"Aspat itu seperti mediasi untuk kami berhubungan dengan jin itu. Untuk jinnya masuk ke badan kita. Memang makanan jin. Waktu itu ceritanya, dia (Gatot) mau mengarahkan gimana jin bisa menyatu dengan manusia untuk sama-sama belajar," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Nusa Tenggara Barat (NTB), Sriyanto, mengatakan bahwa Reza Artamevia tak tahu bahwa yang ia gunakan adalah barang haram.

"Dia itu enggak tahu kalau itu barang haram. Dia tahunya 'asmat' itu sejenis stimulan, dia pakainya enggak tahu. Itu kan makenya bareng-bareng di satu tempat dan barang itu kan dibakar, jadi dia enggak tahu itu barang apa," kata Sriyanto.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi,) Gatot Brajamusti dan istrinya, Dewi Aminah, saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkoba oleh Polda Nusa Tenggara Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com